Ilustrasi susu. Dampak kombinasi susu dan ikan atau daging.(SHUTTERSTOCK/AZERBAIJAN_STOCKERS)
Ilustrasi susu. Dampak kombinasi susu dan ikan atau daging.(SHUTTERSTOCK/AZERBAIJAN_STOCKERS) ( KOMPAS.COM)

Apakah Berbahaya Mengonsumsi Ikan dan Susu dalam Waktu Bersamaan?

23 Desember 2023 21:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Susu adalah minuman yang mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah kalsium yang baik bagi kesehatan tulang.

Sedangkan ikan memiliki kandungan protein yang baik, yang bisa mendukung tubuh menyerap kalsium.

Keduanya kerap dikonsumsi oleh masyarakat, baik tua maupun muda. 

Beberapa mengonsumsinya di waktu terpisah, dan beberapa lagi di waktu berdekatan. Bahkan, beberapa orang menambahkan susu ke dalam kuah ikan.

Nah, berbahayakah hal ini dilakukan? Adakah efek negatif saat kita mengonsumsi susu dan ikan di waktu yang bersamaan?

Tinjauan sains soal efek ikan dan susu pada kulit

Dikutip dari Slurrp (22/8/2022), beberapa kepercayaan yang beredar di masyarakat mengatakan, konsumsi susu dan ikan dalam waktu bersamaan bisa memicu gangguan pada kulit.

Gangguan ini bisa berupa perubahan warna kulit atau bintik-bintik dan ruam.

Tapi menurut sains, gangguan pada kulit hanya akan muncul jika Anda memiliki alergi terhadap salah satu bahan makanan tersebut, entah alergi ikan atau alergi susu.

Kalau dilihat secara terpisah, kandungan nutrisi dari masing-masing komponen relatif tinggi, yang menjelaskan mengapa banyak budaya menggunakan kombinasi produk susu dan ikan untuk mempercepat penyembuhan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm