Ubi cilembu. Ubi cilembu memiliki keunggulan, yakni tingkat indeks glikemik yang lebih rendah daripada makanan tinggi karbohidrat pada umumnya.(Shutterstock/awstoys)
Ubi cilembu. Ubi cilembu memiliki keunggulan, yakni tingkat indeks glikemik yang lebih rendah daripada makanan tinggi karbohidrat pada umumnya.(Shutterstock/awstoys) ( KOMPAS.COM)

Punya Rasa Manis, Ini Untuk Manfaat Ubi Cilembu dan Efeknya pada Gula Darah

26 Desember 2023 17:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ubi cilembu adalah ubi jalar yang dibudidayakan di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Dibandingkan dengan jenis ubi jalar lain, ubi cilembu memiliki rasa yang jauh lebih manis.

Manisnya ubi asal Cilembu ini menjadi daya tarik sendiri, termasuk oleh warganet di media sosial X (dulu Twitter).

"Fess siapa suka mam ubi cilembu juga? akusi sukak bangetttt," ungkap warganet melalui akun @FOODFESS2, Sabtu (23/12/2023).

Hingga Senin (25/12/2023), unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 320.000 kali, disukai 6.800 pengguna, dan diunggah ulang oleh lebih dari 780 warganet.

Memiliki rasa yang super manis, lantas seperti apa manfaat ubi cilembu dan apa efeknya apabila dikonsumsi?

Manfaat ubi cilembu

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania mengatakan, sama seperti ubi jalar, ubi cilembu memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

"Ubi cilembu pada dasarnya jenis ubi jalar ya, atau sweet potato, nama Latinnya Ipomoea batatas," jelasnya, saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/12/2023).

Sebagai salah satu makanan pokok, ubi cilembu merupakan sumber karbohidrat yang menghasilkan energi untuk beraktivitas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm