Chery Omoda 5 GT AWD(Kompas.com)
Chery Omoda 5 GT AWD(Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Harga Murah, Konsumen Indonesia Disebut Mulai Tertarik Dengan Mobil China

10 Januari 2024 21:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Masyarakat Indonesia diklaim mulai tertarik dengan mobil China yang mulai agresif untuk menggarap pasar Asia Tenggara pada tahun 2023.

Hal tersebut dikarenakan kendaraan yang ditawarkan punya harga sangat murah alias dapat dijangkau banyak lini. Teknologi yang menarik dan modern pun jadi sorotan di samping mobilitasnya.

Demikian hasil studi yang dirilis konsultan komunikasi Asia Tenggara, Vero IMC Consulting dan perusahaan manajemen pemasaran asal China WeBridge yang bertajuk “The Road to Southeast Asia: A Study of Consumer Perceptions and Market Opportunities for Chinese Automotive Brands”.

Dalam studi itu, perusahaan menganalisis percakapan konsumen lewat social listening dengan menggali lanskap untuk Indonesia, Thailand, Vietnam, serta Filipina.

Pada risetnya, sebanyak 66 persen konsumen Indonesia berpandangan positif terhadap mobil-mobil China. Di mana, 40 persen dari percakapannya berfokus pada harga dan layanan yang ditawarkan.

Sementara 29 persen perbincangan terkait teknologi dan inovasi, khususnya elektronik dan kendaraan. Konsumen Indonesia juga sangat tertarik dengan fungsional dan desain dari produk China, serta ketersediaannya melalui saluran online dan offline.

Studi ini juga mengalisis faktor-faktor utama yang mempengaruhi keputusan dalam membeli mobil di Indonesia. Hasilnya, sebagian besar konsumen (33 persen) memandang bahwa memiliki mobil sebaai preferensi pribadi dan gaya hidup.

Adapun efisiensi berkendara mencakup 28 persen dari percakapan dan mobilitas serta kenyamanan menyumbang 15 persennya.

Hanya saja mereka masih merasa bahwa biaya kepemilikan mobil yang tinggi (38 persen) dan kurangnya infrastruktur (21 persen) menjadi penghalang untuk membeli mobil.

Selain itu, terdapat minat yang cukup besar di kalangan konsumen Indonesia terhadap kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Ini dibuktikan dengan volume pencarian yang signifikan untuk kata kunci yang berkaitan dengan penghematan energi, mobil listrik, dan efisiensi energi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm