Ilustrasi motor listrik Yamaha E01(Dok. YIMM)
Ilustrasi motor listrik Yamaha E01(Dok. YIMM) ( KOMPAS.COM)

Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Mau Untuk Produksi Massal

13 Januari 2024 18:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah mengenalkan Yamaha E01 ke pasar sejak akhir 2022. Memasuki 2024, Yamaha belum bisa memastikan kapan motor listrik ini meluncur ke pasar.

Seperti diketahui, Yamaha E01 mulai menjalani uji coba lewat program bertajuk Proof of Concept semenjak dikenalkan pada November 2022.

Pengujian dilakukan dengan mengumpulkan data dan menerima saran dari sejumlah konsumen di negara-negara Asia, seperti Jepang, Taiwan, Malaysia, Thailand, termasuk Indonesia.

“Kami sudah Proof of Concept, sekarang lagi studi kapan kita bisa produksi massal,” ujar Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM di Jakarta (12/1/2024).

Saat ditanya perihal waktu peluncuran Yamaha E01, Dyon masih enggan membuka informasi soal motor listrik tersebut.

“(Waktu peluncuran) Belum, belum bisa saya sampaikan,” ucap Dyon.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran PT YIMM Hiroshi Takeyama, mengatakan, E01 sengaja diluncurkan untuk riset dan pengembangan. Sementara buat motor listrik yang akan diproduksi massal, kabarnya belum tentu mengacu pada model tersebut.

“Informasi dari uji berkendara pelanggan, sudah terkumpul lebih dari 3.000 orang. Hampir satu tahun kami lakukan di empat kota, Jakarta, Bandung, Bali, dan Medan. Respon konsumen sangat bagus, performa mesin, impresi berkendara, sangat positif,” kata Takeyama di Sentul, beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Yamaha E01 memiliki profil tenaga 8,1 kW atau setara 10,8 Tk pada 5.500 rpm dan torsi 30,2 Nm pada 1,950 rpm.

Sementara itu, kecepatan maksimal yang sanggup diakomodasi motor ini adalah 100 kpj. Sedangkan jarak tempuhnya bisa mencapai 100 Km, dari baterai penuh hingga melakukan pengisian kembali.

Kemudian, motor ini juga punya tiga mode berkendara yang bisa dipilih pengendara, antara lain mode Power, Standar, dan Eco. Masing-masing mode berkendara ini menghasilkan tenaga yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Mau Produksi Massal", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/13/080200415/motor-listrik-yamaha-e01-sudah-mau-produksi-massal.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm