Promo helm full face di IMOS 2018.(Kompas.com/Aditya Maulana)
Promo helm full face di IMOS 2018.(Kompas.com/Aditya Maulana) ( KOMPAS.COM)

Trik Untuk Cegah Kaca Helm Berembun Saat Hujan

14 Januari 2024 20:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Awal tahun musim hujan sudah tiba meski masih belum merata. Untuk itu pengendara sepeda motor mesti lebih cermat dalam berkendara termasuk riding gear yang dipakai.

Salah satu kesulitan pengendara motor yang memakai helm full face yaitu saat hujan kaca atau visor jadi berembun. Selain tidak nyaman, adanya embun bisa berbahaya karena pengemudi sulit melihat kondisi jalan.

Abi Tri Hutomo, penyuka touring menggunakan sepeda motor, mengatakan, saat ini banyak produk anti fog berbahan dasar cairan yang dijual di pasar untuk cegah visor berembun saat hujan.

"Ini pengalaman saya waktu touring ya. Waktu itu pakai helm yang sudah ada lapisan anti fog. Tapi bisa juga pakai sendiri, anti fog itu mencegah kaca berembun karena kondensasi," kata Abi kepada Kompas.com, Minggu (14/1/2024).

Harga anti fog berbagai macam. Di pasar modelnya biasanya ada dua, pertama berupa lapisan film yang ditempel di kaca dan kedua model semprot buat mencegah kaca berembun yang biasanya dipakai untuk kacamata. 

"(Anti fog) ada yang lokal sampai ada juga yang merek dari luar negeri mulai dari Arai bisa sampai Rp 800.000 dan jutaan," kata Abi.

Kalau produk anti embun tersebut dirasa terlalu mahal, maka kata Abi, triknya ialah jangan menutup kaca helm sampai rapat saat sedang hujan. Sisakan sendikit ruang agar udara bisa masuk dan tersirkulasi.

"Kalau saya dulu itu jadi kalau menutup helm full face jangan sampai rapat, jangan sampai krek gitu. Dibuat renggang sedikit. Sisakan sendikit biar kondensasinya tidak parah. Saya rasa itu cukup," kata Abie yang pernah touring Eropa pakai motor.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, helm full face memang cenderung berembun namun atas nama keselamatan berkendara, helm full face ialah helm terbaik untuk melindungi kepala jika terjadi kecelakaan.

"Yang terpenting adalah ketika menggunakan helm tetap harus sesuai peruntukannya jadi bisa menggunakan helm model full face atau open face saat berkendara, terkait dengan mana yang lebih aman tentunya menjadi pilihan dari pengendara masing-masing," ujarnya.

Agus mengatakan, saat ini sudah banyak produk aftermarket yang dapat menbuat visor anti embun. Produk-produk yang dijual bebas seperti ini bisa dipakai untuk mengurangi efek kondensasi di dalam helm.

"Saat ini sudah banyak produk yang membuat kaca helm tetap bening dan tidak terjadi pengembunan saat kondisi hujan, ini bisa digunakan agar berkendara tetap nyaman," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trik Cegah Kaca Helm Berembun Saat Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/14/154100115/trik-cegah-kaca-helm-berembun-saat-hujan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm