Ilustrasi golongan darah(iStockphoto/gerenme)
Ilustrasi golongan darah(iStockphoto/gerenme) ( KOMPAS.COM)

Apakah Golongan Darah Memengaruhi Kepribadian Seseorang? Ini Untuk Penjelasan Sains

22 Januari 2024 18:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kepribadian manusia terdiri dari banyak komponen berbeda, seperti kreativitas, kecenderungan sosial, dan temperamen dari seseorang.

Kepribadian ini yang menjadikan manusia mempunyai ciri khas masing-masing dibanding orang lain.

Selain dilihat dari segi psikologi, kepribadian juga sering dikaitkan dengan golongan darah.

Contohnya, golongan darah O diidentikkan sebagai orang yang percaya diri dan pemilik golongan A terkenal rapi.

Tapi, benarkah ada hubungan antara golongan darah dan kepribadian seseorang?

Hubungan golongan darah dan kepribadian

Dikutip dari Healthline, saat ini belum ada bukti kuat secara ilmiah yang mengatakan bahwa ada hubungan antara golongan darah dan kepribadian seseorang.

Menurut penelitian tahun 2013 dengan judul A Brief History of Human Blood Groups, golongan darah tertentu mungkin lebih tahan terhadap kondisi atau masalah kesehatan tertentu.

Namun hingga saat ini, belum ada penelitian yang menemukan korelasi antara golongan darah dan kepribadian dalam kelompok penelitian besar.

Selain itu, pada tahun 2015, penelitian dengan judul ABO Blood Type and Personality Traits in Healthy Japanese Subjects mengamati kepribadian melalui kacamata hubungan antara golongan darah dan genetika.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm