Setir Honda WR-V(Kompas.com/Donny)
Setir Honda WR-V(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Ketika Mobil Parkir Apakah Setir Harus Dibelokkan?

22 Januari 2024 21:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sebagian pemilik mobil, pasti ada yang beranggapan ketika parkir setir harus dikunci dengan diputar ke kiri atau ke kanan sedikit supaya aman dari tindak kejahatan.

Meski begitu, ada juga yang beranggapan hal tersebut tidak perlu dilakukan sebab saat kunci mobil dilepas setir sudah mengunci.

Lantas, masih perlukan memutar setir mobil sedikit ke kiri atau kanan saat parkir mobil?

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic Solo, Jawa Tengah mengatakan, memutar setir mobil sedikit ke kiri atau ke kanan salah dan tidak perlu dilakukan.

“Kalau sudah dicabut setir sudah ngelock. Jika diputar sedikit nanti harus digerakkan juga kalau tidak kunci sulit diputar,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Senin (22/1/2024).

Iwan juga mengatakan, kalau pemilik mobil melakukan hal tersebut juga tidak masalah tidak akan ada kerusakan yang terjadi.

“Aman-aman saja, tapi yang sering masalah banyak orang gak sengaja kunci kontak sudah dicabut kemudian setir tidak sengaja diputar. Saat mau putar kunci kontak mereka gak bisa putar dan malah jadi bingung,” ucap Iwan.

Jika sudah begitu, pengguna mobil yang tidak tahu akan hal tersebut akan panik dan bingung bagaimana cara mengatasinya.

“Kalau sudah ngelock begitu, sambil diputar kunci kontak setir di goyang-goyang. Karena kalau posisi sudah seperti itu, saya jamin kunci kontak tidak bisa diputar ke on kalau setir tidak digoyangkan,” ucap Iwan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saat Mobil Parkir Apakah Setir Harus Dibelokkan?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/22/161200315/saat-mobil-parkir-apakah-setir-harus-dibelokkan-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm