BMW iX5 Hydrogen(Dok. BMW)
BMW iX5 Hydrogen(Dok. BMW) ( KOMPAS.COM)

Deretan Untuk Mobil Hidrogen yang Akan Meluncur

22 Januari 2024 21:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil listrik berbasis baterai semakin banyak pilihannya. Berbeda dengan mobil listrik bertenaga hidrogen yang pilihannya sangat terbatas. Tapi, dalam beberapa tahun ke depan ini rencananya akan ada beberapa mobil hidrogen yang meluncur.

Saat ini, cuma ada dua Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) yang dipasarkan di dunia, yakni Toyota Mirai dan Hyundai Nexo. Indonesia sendiri baru memulai studi bahan bakar hidrogen dengan Pertamina menggandeng Toyota.

Dikutip dari Topspeed.com, Senin (22/1/2024), berikut ini deretan mobil hidrogen yang akan meluncur di 2024:

1. BMW iX5 Hydrogen

BMW tidak hanya fokus mengembangkan mobil listrik, tapi juga mobil hidrogen. Untuk model pertama, iX5 yang menjadi basisnya. SUV tersebut sudah melewati serangkaian pengetesan dan siap diluncurkan.

Motor listrik yang digerakkan oleh bahan bakar hidrogen tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 401 Tk. BMW mengeklaim kecepatan maksimumnya tembus 180 kilometer per jam. Sedangkan jarak tempuhnya, bisa mencapai 503 Km.

2. Hyundai N Vision 74

Pabrikan asal Korea Selatan ini dikabarkan sudah mendaftarkan merek dagang N Vision 74. Kabarnya, mobil hidrogen ini akan diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas.

N Vision 74 disebut-sebut memiliki tenaga hingga 671 Tk dan torsi 900 Nm. Sedangkan daya jelajahnya, diklaim dapat mencapai 598 Km.

Produksinya dikatakan akan dilakukan pada paruh pertama 2026. Untuk kloter pertama, hanya akan diproduksi sebanyak 100 unit, yang terdiri dari 70 unit untuk konsumen dan 30 unit untuk keperluan balap.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm