Mobil listrik Toyota bZ4X.(Dok. KOMPAS.com/Sendy)
Mobil listrik Toyota bZ4X.(Dok. KOMPAS.com/Sendy) ( KOMPAS.COM)

Bos Toyota Sebut Untuk Mobil Listrik Bakal Kalah dari Hybrid dan Hidrogen

24 Januari 2024 21:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pimpinan Toyota, Akio Toyoda, yakin bahwa di masa depan mobil listrik yang selama ini digadang sebagai solusi mobil ramah lingkungan hanya bisa menguasai 30 pasar mobil dunia.

Toyoda berpendapat di masa depan bahwa paling besar kendaraan listrik hanya bisa menguasai 30 persen pasar otomotif. Sedangkan sisanya sebesar 70 persen justru dikuasai teknologi hibrida dan hidrogen.

Pandangan ini secara tidak langsung menjawab atas banyaknya kritik pegiat lingkungan yang menganggap Toyota sebagai kekuatan besar di peta otomotif global yang kurang berperan dalam percepatan penyerapan mobil listrik.

“Tidak peduli seberapa besar kemajuan yang dicapai BEV (kendaraan listrik baterai), kendaraan hibrida, kendaraan listrik sel bahan bakar, dan kendaraan bermesin pembakaran hidrogen akan tetap menguasai 70 persen pasar otomotif," kata Toyoda dilansir dari Carscoops, Rabu (24/1/2024).

“Itulah mengapa Toyota Motor Corporation, yang bersaing di seluruh dunia, memiliki jajaran produk multi-Pathway, yang lengkap,” kata Toyoda.

Toyoda menambahkan bahwa ke depan pasar dunia akan menentukan mesin apa yang lebih berguna buat kehidupan sehari-hari.

“Adalah sesuatu yang diputuskan oleh pelanggan dan pasar, bukan nilai peraturan atau kekuatan politik,” ucapnya.

Toyoda berpendapat, bahwa sekitar satu miliar orang di seluruh dunia kekurangan akses terhadap listrik, meski perkiraan dari Badan Energi Internasional menunjukkan bahwa jumlah sebenarnya mendekati 775 juta orang.

Dengan fakta tersebut, cucu pendiri Toyota itu yakin bahwa BEV bukan kendaraan untuk semua orang.

“Satu opsi, BEV tidak dapat menyediakan transportasi untuk semua orang,” katanya.

Toyoda mengatakan bahwa misi Toyota adalah mengurangi emisi CO2, sehingga sebetulnya tidak harus beralih ke kendaraan listrik atau sel bahan bakar.

Dia juga mengeklaim bahwa tidak ada seorang pun yang memberi penjelasan mengapa EV adalah solusi terbaik di masa depan.

Mesin pembakaran internal, baik berbahan bakar fosil atau sintetis, menyebabkan lebih banyak polusi dibandingkan kendaraan listrik. Tapi, produksi mobil listrik mengeluarkan lebih banyak CO2 dibandingkan produksi kendaraan dengan pembakaran internal.

Penelitian lain menunjukkan bahwa penggunaan EV secara masif pada kendaraan penumpang dapat meningkatkan kebutuhan listrik sehingga membuat manusia makin bergantung pada batu bara dan teknologi pembangkit listrik yang menimbulkan polusi lain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bos Toyota Sebut Mobil Listrik Bakal Kalah dari Hybrid dan Hidrogen", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/24/132100315/bos-toyota-sebut-mobil-listrik-bakal-kalah-dari-hybrid-dan-hidrogen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm