Mengendarai sepeda motor di jalan dengan tanjakan terjal atau turunan curam perlu kewaspadaan, keterampilan dan kesabaran.(Foto: AHM)
Mengendarai sepeda motor di jalan dengan tanjakan terjal atau turunan curam perlu kewaspadaan, keterampilan dan kesabaran.(Foto: AHM) ( KOMPAS.COM)

Cara Aman Untuk Mengendarai Motor Lewat Tanjakan

27 Januari 2024 18:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat berkendara di tanjakan, salah satu yang perlu dilakukan pengendara motor adalah memperhatikan laju kendaraan.

Ini berguna untuk menghindari kemungkinan motor keluar jalur dan menabrak kendaraan dari arah berlawanan.

Seperti yang terlihat pada unggahan Instagram, @youtubechanneljalanan, Jumat (26/1/2024), di mana video tersebut memperhatikan motor yang melewati jalan tanjakan curam.

Sayangnya, masih banyak yang belum memperhatikan cara aman saat berkendara di tanjakan, dan bisa membuat risiko kecelakaan yang tinggi.

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, untuk motor matik memang cuma gas dan rem, tapi juga harus memperhitungkan waktu.

“Lakukan momentum atau ancang-ancang supaya mesin mendapat keringanan dalam bekerja,” ucap Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, ketika jalanan menanjak terlihat sepi, pengendara motor sebaiknya melewatinya dengan zig-zag. Sehingga tarikan mesin tidak terasa berat di tanjakan, namun juga harus fokus.

“Apalagi ketika jalan sepi, jalankan motor secara zig-zag yang bertujuan untuk menumpulkan sudut tanjakan,” ucap Sony.

Sementara untuk motor kopling, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motor Ludhy Kusuma mengatakan, pengendara harus mengetahui tekniknya agar saat berkendara di tanjakan tidak masalah.

“Pertama, pastikan tidak menarik tuas kopling dalam keadaan gigi atau transmisi yang masuk, ucapnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Pengendara motor yang menggunakan gigi rendah bisa bermanfaat sebagai memperkuat torsi atau tenaga motor untuk melewati tanjakan.

Kurangi penggunaan kopling yang berlebihan ketika menanjak, sebab bisa membuat usia kampas kopling cepat habis dan tangan jadi pegel.

“Ketika menanjak, sepeda motor akan bekerja lebih berat dengan putaran mesin yang lebih tinggi dan penggunaan kopling yang sering atau setengah kopling bisa membuat bagianya cepat habis atau aus,” ucap Ludhy.

Ludhy juga menyarankan, agar tidak menaruh tangan di tuas kopling supaya stang motor lebih maksimal, cukup gunakan saja gas dan rem belakang,” tambahan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Aman Mengendarai Motor Lewat Tanjakan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/27/082200015/cara-aman-mengendarai-motor-lewat-tanjakan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm