Ilustrasi cek gula darah kapan saja?(Shutterstock/Jinning Li)
Ilustrasi cek gula darah kapan saja?(Shutterstock/Jinning Li) ( KOMPAS.COM)

Apakah Benar Gejala Diabetes Dapat Diketahui dari Kondisi Mulut? Ini Kata Dokter

28 Januari 2024 17:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ada banyak tanda atau gejala diabetes yang bisa diperhatikan, salah satunya dari kondisi mulut atau lidah.

Guru Besar Farmasi dan Farmasi Klinik Universitas Gadjah Mada Prof. apt. Zullies Ikawati, Ph.D menjelaskan, tanda-tanda atau gejala diabetes memang bisa dilihat dari kondisi mulut atau lidah, tetapi hal ini tidak bisa dijadikan jaminan seseorang pasti terkena diabetes.

“Tanda-tanda atau gejala memang bisa, tetapi gejala-gejala itu tidak spesifik,” kata Zullies kepada Kompas.com, Sabtu (26/1/2024).

Lantas, apa saja gejala diabetes yang bisa muncul di rongga mulut?

Pendapat ahli soal tanda diabetes di mulut atau lidah

Prof Zullies menjelaskan, gejala awal diabetes yang lebih spesifik adalah ketika orang sering buang air kecil, mudah lapar, dan mudah haus.

Tapi kondisi ini juga tidak bisa dijadikan patokan bahwa seseorang yang memiliki gejala-gejala itu adalah penderita diabetes.

“Lebih spesifik, walaupun juga tetap tidak sangat spesifik, yang artinya mungkin bisa saja dialami orang normal. Sehingga tetap saja pemeriksaan laboratorium menjadi gold standar untuk penetapan diabetes,” jelas Zullies.

Mengenai tanda-tanda diabetes dari kondisi mulut dan lidah, Zullies menjelaskan hal itu bisa saja terjadi, meskipun tidak menjadi gejala spesifik.

“Untuk kewaspadaan boleh saja diperiksakan kemungkinan diabetes jika mengalami bau mulut, gusi gampang berdarah atau bengkak, gigi mudah tanggal, dan sering sariawan baik di rongga mulut atau lidah,” ujarnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm