Tutup radiator mobil harus diperiksa secara rutin agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Tutup radiator mobil harus diperiksa secara rutin agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Penyebab Radiator Mobil Bocor

1 Februari 2024 20:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Air radiator mobil memiliki peran penting dalam sistem pendingin mesin, terutama untuk menjaga suhu mesin tetap dalam kondisi aman.

Dengan begitu, ketika terjadi kebocoran akan membuat mobil mengalami overheat serta bisa mengakibatkan kerusakan serius pada mesin.

Lantas, apa sebenarnya penyebab air radiator mobil bisa bocor?

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic Solo, Jawa Tengah menyebut ada beberapa penyebab air radiator mobil bocor.

“Pertama radiator sudah berumur, biasana bagian pertama yang rusak ada di bagian upper tank, karena bahannya plastik dan bagian yang menerima panas mesin. Kemudian kisis-kisinya keropos, bahkan juga bisa karena benturan,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Rabu (31/1/2024).

Selain itu, Iwan juga mengatakan, selang inlet outlet radiator, selang by pass dan selang heater sudah getas bahkan melembung.

Selain itu, bisa juga karena adanya kerusakan pada komponen air radiator yang sudah keropos karena usia.

“Seperti pipa-pipa inlet outlet water pump keropos, water pump rusak, cylinder head atau water jacket keropos atau juga bisa karena oil cooler matic rusak,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, tanda dari air radiator bocor memiliki ciri-ciri yang bisa dirasakan seperti mesin jadi overheat atau AC tidak dingin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Penyebab Radiator Mobil Bocor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/02/01/121200215/kenali-penyebab-radiator-mobil-bocor.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm