Toyota Vios(KOMPAS.com/Ruly Kurniawan)
Toyota Vios(KOMPAS.com/Ruly Kurniawan) ( KOMPAS.COM)

Toyota Indonesia Melakukan Recall Avanza, Veloz, Vios, Sienta, dan Yaris Cross

13 Februari 2024 18:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan recall atau pemanggilan unit kembali untuk dilakukan perbaikan. Kali ini, recall ditujukan langsung kepada lima model sekaligus.

Kelima model tersebut adalah Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross. Tapi, tidak semua unit yang terdampak. Unit yang terkena recall hanyalah unit yang diproduksi pada periode tertentu.

Untuk Sienta, tahun produksi Juni 2016 hingga April 2020, diminta untuk datang ke bengkel resmi Toyota untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan pada Front Garnish Pillar Clip, yang berada di pilar depan (pilar A).

Disebutkan bahwa Toyota melihat adanya potensi kebocoran air pada pilar depan, karena performa sealer yang kurang maksimal.

Hal ini berisiko mengganggu kinerja sistem kelistrikan tertentu, seperti pada sliding door electric, apabila tidak segera diperbaiki.

Sedangkan untuk Avanza dan Veloz, dengan tahun produksi November 2022, bermasalah pada Front Door Side Impact Beam yang kurang sempurna pemasangannya. 

Apa bila tidak segera diperbaiki strukturnya, perangkat keselamatan tersebut berisiko tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan mengurangi perlindungan yang optimal saat terkena benturan dari samping.

Kemudian, ditemukan juga adanya kemungkinan masalah pada Front Shock Absorber Nut, pada beberapa model, seperti Veloz (tahun produksi Oktober 2021 hingga Agustus 2023), Avanza (tahun produksi November 2021 hingga September 2023), Vios (tahun produksi Juni 2022 hingga Agustus 2023), dan Yaris Cross (tahun produksi Mei 2023 hingga September 2023).

Disebutkan bahwa instruksi pengencangan tidak tepat dan dapat membuat mur menjadi kendur. Sehingga, akan menimbulkan suara yang tidak normal atau bahkan terlepas dan mengakibatkan kestabilan kendaraan hilang ketika sedang melaju.

Henry Tanoto, Wakil Presiden PT TAM, mengatakan, pihaknya memohon maaf kepada pelanggan atas kondisi tidak nyaman untuk berkunjung ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan perbaikan komponen model tertentu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm