Ilustrasi ikan segar. Yang terjadi pada tubuh jika tidak pernah makan ikan.(SHUTTERSTOCK/SERGIY ZAVGORODNY)
Ilustrasi ikan segar. Yang terjadi pada tubuh jika tidak pernah makan ikan.(SHUTTERSTOCK/SERGIY ZAVGORODNY) ( KOMPAS.COM)

Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Tidak Pernah Mengonsumsi Ikan?

15 Februari 2024 16:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ikan adalah salah satu makanan tersehat yang kaya akan nutrisi penting, seperti protein dan vitamin D.

Bahan pangan ini juga mengandung asam lemak omega 3, jenis lemak tak jenuh ganda yang mendukung kesehatan jantung dan otak.

Menurut Kementerian Kesehatan, asupan omega 3 dari ikan membantu mengurangi risiko gangguan irama jantung, sumbatan pembuluh darah, serta kadar trigliserida atau lemak darah.

Kandungan omega 3 pada makanan ini juga membantu mengurangi inflamasi atau peradangan, dan memiliki efek baik pada tekanan darah.

Sayangnya, ikan jarang masuk dalam daftar makanan favorit karena sejumlah alasan, termasuk bau amis dan duri yang banyak.

Lantas, apa yang akan terjadi pada tubuh jika tidak pernah makan ikan?

Efek buruk tidak pernah makan ikan

American Heart Association menyarankan makan dua porsi ikan seminggu untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Konsumsi ikan diiringi asupan sumber energi seperti nasi serta zat pengatur termasuk buah dan sayuran juga menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Efek buruk tidak pernah makan ikan sendiri sebagian besar disebabkan oleh terlewatnya banyak kandungan nutrisi penting pada bahan pangan ini.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm