Nvidia merilis aplikasi chatbot bernama Chat with RTX
Nvidia merilis aplikasi chatbot bernama Chat with RTX ( GizmoChina)

Nvidia Rilis Chatbot AI "Chat with RTX", Bekerja Lokal di PC

15 Februari 2024 18:32 WIB

SonoraBangka.ID - Pabrikan hardware Nvidia merilis aplikasi chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk komputer (PC) yang diberi nama "Chat with RTX".

Aplikasi ini sejatinya merupakan asisten pribadi digital yang bekerja secara lokal di komputer/PC, bukan di cloud.

Beberapa kegunaan Chat with RTX antara lain pengguna bisa mengunggah dokumen di PC dengan format file .txt, .pdf, .doc/.docx, dan .xml, kemudian meminta Chat with RTX untuk merangkumnya.

Sebagai contoh, pengguna dapat meng-upload file meeting kemudian menanyakan pertanyaan spesifik, seperti "Apa nama tempat yang direkomendasikan rekan kerja saya?".

Nantinya, chatbot akan mencari jawaban pertanyaan itu langsung dari dokumen yang diberikan, sehingga pengguna tidak usah mencari jawaban tersebut secara manual.

Selain merangkum file, Chat with RTX juga bisa merangkum video YouTube yang diberikan dalam bentuk tautan (link).

Misalnya, pengguna bisa menanyakan "Apa saja GPU yang diumumkan Nvidia di Consumer Electronics Show (CES) 2024?", sehingga tidak usah menonton video pengumuman resminya yang berdurasi hingga 30 menit.

Pengguna dapat juga meminta rekomendasi tempat wisata "hidden gem" yang wajib dikunjungi dari berbagai kreator konten di YouTube, atau meminta tutorial cara membuat kue. Dengan begitu, pengguna mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara lebih efisien.

Melihat kegunaannya, bisa dibilang bahwa Chat with RTX memiliki kemiripan dengan chatbot Gemini milik Google atau ChatGPT bikinan OpenAI.

Pakai Nvidia RTX 30 atau 40 series

Adapun Chat with RTX menggunakan retrieval augmented generation (RAG) dan software Nvidia TensorRT-LLM, yang didukung oleh unit pengolah grafis (GPU) Nvidia RTX 30 atau 40 series dan diakselerasi oleh inti Tensor built-in.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm