ilustrasi jus jeruk, salah satu minuman yang aman dikonsumsi penderita diabetes. (SHUTTERSTOCK/Poring Studio)
ilustrasi jus jeruk, salah satu minuman yang aman dikonsumsi penderita diabetes. (SHUTTERSTOCK/Poring Studio) ( KOMPAS.COM)

Studi: Minum Jus Jeruk Dapat Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Harian

19 Februari 2024 16:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sebuah studi mengungkapkan bahwa minum jus jeruk murni tanpa gula akan membuat kadar gula darah turun.

Penelitian dengan judul "Effect of 100% Orange Juice and a Volume-Matched Sugar-Sweetened Drink on Subjective Appetite, Food Intake, and Glycemic Response in Adults" ini dipublikasikan pada Jumat (12/1/2024).

Studi ini dilakukan kepada 36 orang dewasa dengan berat badan normal. Mereka akan mengonsumsi jus jeruk murni, minuman rasa jeruk, dan air secara acak selama minimal 5 hari.

Hasilnya, orang yang minum jus jeruk murni mempunyai kadar gula darah lebih rendah pada menit ke 15, 30, dan 45 setelah mengonsumsi minuman tersebut, dibandingkan mereka yang mengonsumsi minuman rasa jeruk dan air.

Temuan tersebut juga menunjukkan bahwa asupan makanan baik saat makan siang maupun sepanjang hari lebih rendah setelah mengonsumsi jus jeruk 100 persen dibandingkan dengan minuman jeruk.

Jus jeruk murni mengandung flavonoid, seperti hesperidin yang dapat memengaruhi penyerapan gula.

Zat ini akan menunda pengangkutan glukosa sehingga mengakibatkan respons glikemik tertunda.

Selain itu, asupan jus jeruk murni bila dikaitkan dengan asupan flavonoid yang lebih tinggi, gula tambahan yang lebih rendah, dan pola makan yang lebih berkualitas.

“Konsumsi jus jeruk murni akan menghasilkan kompensasi kalori yang lebih tinggi, total asupan energi harian yang lebih rendah, dan konsentrasi glukosa darah yang lebih rendah dibandingkan dengan minuman rasa jeruk,” tulis peneliti, dikutip dari Science News.

Meskipun demikian, penelitian ini membutuhkan studi dalam jangka panjang untuk riset lebih lanjut.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm