Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menjelaskan potensi kendaraan hidrogen sebagai transportasi masa depan lebih hemat saat meresmikan Hydrogen Refueling Station (HRS) di Senayan.(PLN)
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menjelaskan potensi kendaraan hidrogen sebagai transportasi masa depan lebih hemat saat meresmikan Hydrogen Refueling Station (HRS) di Senayan.(PLN) ( KOMPAS.COM)

Mobil Hidrogen Diklaim Lebih Ramah Lingkungan dibandingkan Kendaraan Listrik

24 Februari 2024 20:25 WIB

SONORABANGKA.ID - PT PLN (Persero) menyebut kendaraan hidrogen sebagai transportasi di masa depan di Indonesia. Sebab, kendaraan hidrogen diklaim lebih hemat dan ramah lingkungan dibandingkan kendaraan berbasis Bahan Bakar Minyak (BBM) atau listrik.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, kalau menggunakan bensin dan solar, setiap satu kilometer (km) menggelontorkan dana Rp1.300.

Kemudian jika menggunakan electric vehicle (EV), biayanya adalah antara Rp350 sampai Rp550 per km. Sementara itu, saat menggunakan hidrogen dari PLN, biayanya cuma sekitar Rp270 per km.

"Harga hidrogen menjadi terjangkau karena PLN berhasil mengintegrasikan rantai pasok, salah satunya melalui kehadiran HRS di Senayan. Terlebih lagi, produksi hidrogen yang dihasilkan 100 persen berasal dari energi baru terbarukan (EBT)," katanya dikutip dari keterangan resmi, Jumat (23/9/20240.

Darmawan juga mengatakan, kendaraan yang menggunakan hidrogen PLN tidak memiliki emisi sama sekali. 

Sementara itu,  HRS pertama di Indonesia yang berlokasi di Senayan dan baru saja diresmikan itu mampu memasok kebutuhan daya bagi 438 mobil hidrogen per tahun. Kemudian itu,  dengan asumsi jarak tempuh 100 km per harinya.

”Ini adalah HRS pertama di Indonesia yang diproduksi dari 100 persen EBT. HRS ini nantinya bisa digunakan untuk sekitar 438 kendaraan yang setiap harinya berjalan 100 km,” ujar Darmawan.  

Guna menggenjot penggunaan kendaraan hidrogen secara masif, Darmawan juga mengatakan PLN siap melakukan kolaborasi dengan semua pihak. Termasuk bekerja sama dengan pemerintah dalam hal penggunaan bus hidrogen sebagai transportasi publik.

”Kami siap mendorong ini menjadi perubahan gaya hidup yang futuristik, berbasis pada sistem digital, lebih hemat dan ramah lingkungan, sehingga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca. Melihat perkembangan kendaraan hidrogen ke depan, kami juga siap menambah keberadaan HRS di tanah air,” kata Darmawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Hidrogen Diklaim Lebih Ramah Lingkungan dari Kendaraan Listrik ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/02/24/192100015/mobil-hidrogen-diklaim-lebih-ramah-lingkungan-dari-kendaraan-listrik-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm