Manfaat jalan kaki untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes.(Shutterstock/Dima Zaharia)
Manfaat jalan kaki untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes.(Shutterstock/Dima Zaharia) ( KOMPAS.COM)

8 Manfaat Jalan Kaki untuk Turunkan Gula Darah Menurut Ahli

26 Februari 2024 14:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Jalan kaki terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan gula darah.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine 2022 menunjukkan, jalan kaki selama 2-5 menit pada 60-90 menit setelah makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Sementara itu, American College of Sports Medicine dan American Diabetes Association menyebutkan, jalan kaki selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu mampu mencegah munculnya penyakit diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh karena resistensi insulin.

Lantas, apa saja manfaat jalan kaki untuk menurunkan gula darah?

Manfaat jalan kaki untuk menurunkan gula darah

Dokter spesialis Diabetologi dan Endokrinologi Dr Girish Parmar merekomendasikan jalan kaki bagi pasien yang mengalami diabetes, terutama diabetes tipe 2.

Dilansir dari Healthshots, berikut manfaat jalan kaki untuk menurunkan gula darah:

1. Mengendalikan lonjakan gula darah

Jalan kaki secara teratur mampu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm