Mobil listrik BYD mengandalkan e-platform 3.0(Dok. BYD)
Mobil listrik BYD mengandalkan e-platform 3.0(Dok. BYD) ( KOMPAS.COM)

BYD Fokus di BEV, Belum Tertarik Untuk Lirik FCEV

27 Februari 2024 21:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pabrikan asal China, Build Your Dreams (BYD), fokus pada pengembangan New Energy Vehicle (NEV). Tapi, energi baru tidak terbatas pada baterai, ada juga hidrogen atau sel bahan bakar.

Banyak pabrikan berlomba-lomba tidak cuma menciptakan mobil listrik berbasis baterai, tapi juga mobil dengan sel bahan bakar alias Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Namun, berbeda dengan BYD yang hanya fokus pada Battery Electric Vehicle (BEV).

Salah satu alasannya adalah karena BYD merupakan salah satu produsen baterai terkemuka di dunia. Untuk itu, pabrikan asal China ini hanya fokus menawarkan BEV alias mobil listrik berbasis baterai.

"Definisi NEV secara otomotif global, apa yang menjadi kendaraan dengan energi baru? Kami yakin sekarang ini adalah kendaraan listrik berbasis baterai sepenuhnya dan plug-in hybrid," ujar Eagle Zhao, President Director PT BYD Motor Indonesia, kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Terkait teknologi atau sumber energi lainnya, seperti hidrogen, kami yakin masih membutuhkan waktu lebih untuk bisa mengaplikasikannya dalam skala besar. Termasuk juga dengan para pemain atau pabrikan lainnya," kata Eagle.

Jacob Ma, Head of Training BYD Asia-Pacific, Assistant President Director, PT BYD Motor Indonesia, mengatakan, untuk teknologi baterai, BYD adalah pemimpin. BYD memiliki banyak teknologi yang sudah dikembangkan.

"Hanya masalah waktu kapan kami akan menggunakan teknologi yang mana. Kami sudah memiliki teknologi tersebut," ujar Jacob.

"Saya tidak bisa mengatakan mana energi baru yang lebih efisien. Apa yang BYD lakukan adalah kami ingin mempercepat transisi dari ICE ke EV. Jadi, apa yang ingin kami lakukan adalah menyediakan produk yang tepat dan praktis ke konsumen," kata Jacob.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BYD Fokus di BEV, Belum Tertarik Lirik FCEV", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/02/27/154100815/byd-fokus-di-bev-belum-tertarik-lirik-fcev.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm