Ilustrasi daging sapi.
Ilustrasi daging sapi. ( FREEPIK)

Stok Menipis, Harga Daging Sapi Akan Naik Saat Ramadhan

28 Februari 2024 10:34 WIB

SonoraBangka.ID - Jaringan Pemotong dan Pedagang Daging Indonesia (Jappdi) melaporkan adanya kenaikan harga sapi bakalan dari Australia dan stok daging yang menipis di gudang importir. Hal ini membuat harga sapi naik hingga Ramadhan.

Ketua Umum DPP Jappdi Asnawi mengatakan, ada penyesuaian harga sapi hidup sehingga berimbas pada harga sapi di tingkat Rumah Potong Hewan (RPH) di Jabodetabek dan Bandung Raya.

"Kenaikan akan terus berlanjut hingga memasuki Ramadhan tanggal 12 Maret 2024 dan Hari Raya Idul Fitri tanggal 10 April 2024," kata Asnawi dalam keterangan tertulis, Rabu (28/2/2024).

Asnawi mengatakan, ada beberapa faktor lain yang memengaruhi kenaikan harga daging sapi yaitu tingkat produksi pasca El Nino September sampai November mengalami penurunan.

Selain itu, ada banjir di beberapa daerah sentra produksi ternak sehingga berdampak adanya hambatan distribusi.

"Sehingga peternak lebih banyak menahan hewan sapi untuk dijual. Jika terjadi penjualan, dengan siklus yang terbatas dan atau dibatasi," ujarnya.

Asnawi mengatakan, keadaan tersebut berpengaruh harga jual sapi dari Australia dari 2,6 dollar AS per kilogram (kg) menjadi 3,3 dollar AS per kg.

Sementara itu, kata dia, nilai tukar dollar AS terhadap rupiah tembus Rp. 15.700 per dolar.

Lebih lanjut, Asnawi juga mengatakan, ketersediaan sapi impor saat ini terbatas di masing-masing kandang milik importir. Selain itu, banyak importir sapi yang bangkrut.

"Kemudian ada kendala dalam negeri izin impor sapi dari negara Australia belum keluar dari pihak Lembaga Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan yang semestinya izin impor itu sudah harus keluar di bulan Januari 2024," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Stok Menipis, Harga Daging Sapi Akan Naik Saat Ramadhan", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/02/28/091530826/stok-menipis-harga-daging-sapi-akan-naik-saat-ramadhan?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm