Ilustrasi orang Jepang berswafoto menggunakan ponsel dan tongis.(Unsplash)
Ilustrasi orang Jepang berswafoto menggunakan ponsel dan tongis.(Unsplash) ( KOMPAS.COM)

Alasan Untuk Suara Kamera Ponsel di Jepang Tidak Bisa Dimatikan

28 Februari 2024 18:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kamera pada ponsel keluaran Jepang akan selalu mengeluarkan suara ketika mengambil gambar.

Suara tersebut tidak dapat dimatikan atau di-mute walau ponsel yang dibeli dalam kondisi second atau bekas.

Tidak dapat dimatikannya suara kamera ponsel Jepang disebabkan oleh keputusan perusahaan ponsel di Jepang yang memberlakukan aturan privasi.

Berdasarkan laporan The Japan Times yang dikutip oleh Photography Talk, penerapan suara kamera ponsel bukanlah sesuatu yang diwajibkan oleh hukum Jepang.

Keputusan menghidupkan suara kamera dilakukan oleh vendor ponsel di Jepang secara sukarela.

"Semua ponsel dengan kamera built-in dilengkapi dengan suara rana yang berbunyi saat foto diambil dan tidak bisa dinonaktifkan," tulis Photography Talk.

Alasan suara kamera ponsel Jepang tidak dapat dimatikan

Keputusan untuk menyalakan suara kamera ponsel Jepang bermula pada tahun 2000.

Pada saat itu, seorang selebritis bernama Masashi Tashiro tepergok mengambil foto di ruang publik secara diam-diam. Pada saat itu, penggunaan ponsel tengah marak di Jepang.

Tindakan Masashi disebut sebagai voyeurisme. Merujuk WebMD, voyeurisme adalah kondisi ketika seseorang merasa terangsang dengan melihat orang lain dalam keadaan telanjang dan/atau melakukan aktivitas seksual.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm