Tempe(wikimedia.org)
Tempe(wikimedia.org) ( KOMPAS.COM)

Khasiat Tempe bagi Kesehatan

4 Maret 2024 17:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tempe merupakan salah satu makanan Indonesia yang diolah dengan proses fermentasi, serta mengandung nilai gizi tinggi terutama protein.

Tempe masih dianggap sebagai makanan yang cuma dikonsumsi oleh masyarakat lapisan menengah ke bawah, karena harga yang relatif terjangkau.

Dikutip dari laman Kemenkes RI, tempe memiliki kandungan zat gizi yang dibutuhkan tubuh antara lain protein, serat, dan vitamin. Sehingga digunakan sebagai makanan alternatif yang berfungsi ganda yaitu sebagai sumber gizi bagi tubuh dan sebagai bahan makanan kesehatan.

Selain itu, tempe memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya sejumlah penyakit degeneratif seperti aterosklerotis, jantung koroner, diabetes mellitus, kanker dan lain-lain.

Jenis dan proses pembuatan tempe

1. Tempe memiliki beberapa jenis, antara lain :

2. Tempe gembus (dibuat dari ampas tahu).

3. Tempe lamtoro (dari biji lamtoro).

4. Tempe benguk (dari biji koro benguk).

5. Tempe koro (dari biji koro).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm