Ilustrasi madu(iStockphoto/Alena Bogdanova)
Ilustrasi madu(iStockphoto/Alena Bogdanova) ( KOMPAS.COM)

Apakah Benar Madu Bisa Mengatasi Asam Lambung? Ini Penjelasan Dokter

4 Maret 2024 20:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Madu merupakan salah satu bahan alami yang kerap dimanfaatkan sebagai obat dari beberapa penyakit.

Sari-sari tumbuhan yang dikumpulkan lebah ini dipercaya untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, batuk, dan menambah stamina.

Selain itu, madu juga diyakini dapat mengatasi penyakit asam lambung, benarkah?

Penjelasan dokter

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan penyakit lambung, pencernaan, dan hati Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Ari F Syam mengatakan, madu sebenarnya tidak spesifik dapat mengatasi asam lambung.

Meskipun demikian, ada berbagai zat yang ada dalam madu yang dapat memperbaiki proses luka di tubuh.

Antioksidan yang terkandung di dalam madu dapat memperbaiki luka akibat asam lambung.

Tapi, Ari menekankan bahwa zat-zat yang terkandung di dalam madu bersifat suplemen atau bantuan, bukan obat.

“Madu sebenarnya bersifat suplemen, bukan pengobatan utama dalam mengatasi berbagai penyakit, termasuk asam lambung,” ungkapnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (3/3/2024).

Sebuah artikel yang diterbitkan Indian Journal of Medical Research menunjukkan madu bermanfaat mengatasi asam lambung karena mengandung antioksidan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm