Ilustrasi Buah Duku.(WIKIMEDIA COMMONS/SAKURAI MIDORI)
Ilustrasi Buah Duku.(WIKIMEDIA COMMONS/SAKURAI MIDORI) ( KOMPAS.COM)

Kerap Dijadikan Obat Tradisional, Ini Untuk Potensi Manfaat Biji Duku

7 Maret 2024 16:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Biji duku terkenal memiliki rasa yang pahit jika tak sengaja tergigit. Ukuran yang relatif kecil juga terkadang membuat biji buah ini mudah tertelan dan masuk ke dalam tubuh.

Untungnya, menggigit biji duku umumnya tidak membawa dampak negatif bagi kesehatan, kecuali sensasi pahit di mulut.

Bahkan, menelan biji duku berpotensi memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, meski masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Peneliti dari Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB University Prof Darda Efendi mengatakan, rasa pahit pada biji duku disebabkan sejumlah kandungannya.

"Rasa pahit muncul karena ada kandungan senyawa sekunder, seperti fenolik, alkaloid, dan poliketida," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/3/2024).

Biji dari buah berbentuk bulat dan bergerombol ini pun kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

"Mungkin saja (ada manfaatnya), perlu penelitian lebih lanjut. Di masyarakat tradisional tertentu memang ada yang menggunakan untuk obat," papar Darda.

Potensi manfaat biji duku untuk kesehatan

Terpisah, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania mengungkapkan, biji duku sebenarnya tidak dianjurkan untuk dimakan langsung.

Secara tradisional, menurutnya, bagian tanaman ini sering diolah menjadi pengobatan sejumlah masalah kesehatan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm