Apakah menghirup aroma kopi bisa memberikan manfaat untuk kesehatan?(Unsplash/Battlecreek)
Apakah menghirup aroma kopi bisa memberikan manfaat untuk kesehatan?(Unsplash/Battlecreek) ( KOMPAS.COM)

Studi Ungkap Menghirup Aroma Kopi Bisa Memberikan Manfaat Untuk Kesehatan

7 Maret 2024 16:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menikmati secangkir kopi panas setiap hari dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh.

Dikutip dari Huffington Post, kopi menawarkan beragam manfaat seperti meningkatkan  energi, mengurangi risiko diabetes tipe 2, mendukung kesehatan otak, dan menurunkan risiko mengalami depresi.

Tapi, manfaat yang paling banyak dicari oleh kebanyakan peminum kopi yakni untuk meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan daya ingat sebelum memulai aktivitas atau saat sedang beraktivitas.

Meski begitu, seseorang tetap bisa mendapatkan manfaat tersebut hanya dengan menghirup aromanya saja.

Lantas, benarkah menghirup aroma kopi bisa memberikan manfaat untuk kesehatan?

Manfaat menghirup aroma kopi

Kopi dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti meningkatkan gairah, kewaspadaan dan fokus pada peminum reguler, tanpa mereka benar-benar mengonsumsi minuman tersebut, demikian temuan terbaru.

Penelitian menyebutkan bahwa orang-orang tetap bisa mendapatkan manfaat tersebut hanya dengan menghirup aromanya saja.

Sebagai bagian dari penelitian ini, sebuah tim peneliti mengeksplorasi hubungan antara kopi dan gairah untuk melihat apakah paparan rangsangan pada otak dapat memberikan manfaat kognitif yang sama dengan kafein, dilansir dari Times of India.

"Selama individu melihat hubungan antara kopi dan gairah, hanya dengan terpapar isyarat yang berhubungan dengan kopi saja sudah dapat memicu gairah dengan sendirinya tanpa mengonsumsi kafein dalam bentuk apa pun," kata Eugene Chan, peneliti utama studi ini, yang dipublikasikan di Journal of Consciousness and Cognition.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm