Ilustrasi jalan kaki.(schantalao/ Freepik)
Ilustrasi jalan kaki.(schantalao/ Freepik) ( KOMPAS.COM)

3 Untuk Manfaat Jalan Kaki 11 Menit Setiap Hari Menurut Studi

7 Maret 2024 19:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Rutin melakukan jalan kaki 11 menit sehari terbukti secara ilmiah mampu menurunkan risiko sejumlah penyakit, seperti jantung dan stroke hingga kematian dini.

Manfaat jalan kaki 11 menit itu diungkap oleh peneliti dari Universitas Cambridge, Inggris dan diterbitkan dalam jurnal British Journal of Sports Medicine.

Peneliti menemukan, jalan kaki 11 menit atau 75 menit dalam seminggu dapat menurunkan risiko kematian dini secara keseluruhan sebesar 23 persen.

"Kami tahu bahwa aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau bersepeda, baik untuk Anda, terutama jika Anda merasa aktivitas tersebut meningkatkan detak jantung Anda," kata Profesor James Woodcock, dari Unit Epidemiologi Dewan Penelitian Medis Cambridge, dilansir dari CBS News.

Studi tersebut dilakukan melalui pengamatan 196 artikel yang ditinjau oleh peneliti. Ratusan studi itu mencakup lebih dari 30 juta penelitian.

Masing-masing penelitian menganalisis hubungan antara aktivitas fisik dan kanker, penyakit jantung, dan kematian dini.

Lantas, apa saja manfaat jalan kaki 11 menit setiap hari?

Manfaat jalan kaki 11 menit

Mengacu pada penelitian di atas, berikut manfaat jalan kaki 11 menit bagi kesehatan tubuh:

1. Menurunkan risiko kanker

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm