Dana Indonesia pertama kali menghadirkan perangkat pemindai statis QRIS berbasis suara, yaitu soundbox di Jakarta, Jumat (8/3/2024).
Dana Indonesia pertama kali menghadirkan perangkat pemindai statis QRIS berbasis suara, yaitu soundbox di Jakarta, Jumat (8/3/2024). ( KOMPAS.com)

DANA Hadirkan QRIS Berbasis Suara "Soundbox"

9 Maret 2024 08:51 WIB

SonoraBangka.ID - DANA Indonesia pertama kali menghadirkan perangkat pemindai statis QRIS berbasis suara, yaitu soundbox di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Chief of People & Corporate Strategy DANA Indonesia Debora Bangun mengatakan, inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan yang memfokuskan diri untuk menyasar kelompok rentan seperti UMKM penyandang disabilitas sejak 2023.

Debora mengatakan sebagian besar penyandang disabilitas merupakan wirausahawan yang sering melakukan transaksi digital dan konvensional.

Karenanya, ia mengatakan diperlukan intervensi langsung dari layanan teknologi finansial untuk menjembatani sekaligus menjawab tantangan-tantangan tersebut.

"Lewat sosialisasi hari ini, kami berupaya mempertemukan teman-teman penyandang disabilitas, dengan para mentor handal yang akan memaparkan tentang kesempatan kemandirian ekonomi bagi penyandang disabilitas dan seluk beluk pembayaran digital dalam mengoptimalkan usaha," kata Debora dalam sosialisasi program Disberdaya di Jakarta, Jumat, (8/3/2024).

Debora mengatakan, selain memberikan edukasi mengenai kewirausahaan dan pembayaran digital, pihaknya menyosialisasikan perangkat soundbox.

Ia mengatakan, soundbox merupakan pemindai pembayaran statis QRIS yang disertai dengan suara untuk menginformasikan transaksi berhasil beserta nominalnya.

"Ini diharapkan dapat menjadi solusi tambahan dan inklusif bagi banyak usaha di berbagai skala yang hendak mendigitalisasi usahanya, tak terkecuali pelaku usaha perempuan penyandang disabilitas," ujarnya.

Debora mengatakan, melalui benaman suara yang dihasilkan soundbox, pelaku usaha dan pembeli dapat bersama-sama merasakan kemudahan, keamanan dan kenyamanan bertransaksi digital.

Ia mengatakan pelaku usaha bisa meminimalisir risiko yang muncul dari penyalahgunaan transaksi digital.

"Dengan mendengarkan suara yang dihasilkan soundbox, pelaku usaha dan pembeli dapat bersama-sama membangun kepercayaan akan keberhasilan transaksi yang dilakukan," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Deputi Keuangan Inklusif Keuangan Syariah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Erdiriyo mengapresiasi inisiatif Dana dalam implementasi program DisBerdaya lantaran menjadi fokus pemerintah dalam mewujudkan keuangan inklusif di Indonesia, yaitu perempuan, difabel, dan UMKM.

"Karena saat ini, kami juga mencari teknologi yang tepat untuk digunakan oleh teman-teman difabel mengakses layanan keuangan. Kami juga ingin program DisBerdaya, menjadi task force agar kerja sama multisektor dapat menjadi hajat nasional untuk mendorong akselerasi ekonomi digital Indonesia ke depannya," kata Erdiriyo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DANA Hadirkan QRIS Berbasis Suara "Soundbox"", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/03/08/230000626/dana-hadirkan-qris-berbasis-suara-soundbox-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm