Ganti oli motor(Shutterstock)
Ganti oli motor(Shutterstock) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Penyebab Oli Motor Jadi Cepat Habis

23 Maret 2024 15:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Oli mesin punya peran vital dalam kendaraan, salah satu pada sepeda motor. Fungsinya adalah sebagai pelumas komponen dalam mesin yang berguna untuk mencegah terjadinya korosi, hingga menjaga kebersihan mesin.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi oli jangan sampai kehabisan. Kalau mengalami kekurangan pelumas tentu saja akan mudah rusak dan memengaruhi performa motor.

Tapi, tidak jarang jarang ditemukan sepeda motor yang mengalami masalah oli mesin cepat habis.

Andre, Pemilik Workshop Dhinata Jaya Garage Wonogiri, Jawa Tengah, mengatakan, ada beberapa hal yang menyebabkan oli mesin lebih cepat habis.

“Kalau penyebab oli cepat habis itu diantaranya terjadi kebocoran seal-seal atau paking dan juga aus-nya piston dan ring piston,” kata Andre kepada Kompas.com, Jumat (22/3/2024)

Jika penyebabnya karena kebocoran pada seal, biasanya disebabkan oleh pengisian oli yang melebihi kapasitas dan juga mur dari seal oli. Kebocoran oli bisa masuk ke ruang bakar sehingga knalpot mengeluarkan asap putih.

Sementara, jika kebocoran terjadi di bagian ring piston biasanya karena mengalami kerusakan seperti tergores, aus, dan kotor.

Ring piston memiliki fungsi untuk mencegah kebocoran kompresi dan oli di antara celah piston dengan dinding silinder. Sehingga jika terjadi kerusakan, maka udara dapat masuk ke ruang oli.

Kondisi ini menyebabkan kompresi mesin menurun dan membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal.

Selain itu, ada beberapa pengendara motor yang mengatakan oli cepat habis karena oli menguap.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm