Terpantau muncul genangan air setinggi 10 cm di Ruas Tol Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta, mulai dari Km 26 dan arah Jakarta di Km 25+100 dan Km 31.(Dok. Jasa Marga)
Terpantau muncul genangan air setinggi 10 cm di Ruas Tol Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta, mulai dari Km 26 dan arah Jakarta di Km 25+100 dan Km 31.(Dok. Jasa Marga) ( KOMPAS.COM)

Mobil Terjebak Banjir, Begini Untuk Cara Aman Melewatinya

23 Maret 2024 18:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Setelah diguyur hujan berjam-jam pada Jumat (22/3/2024), sebagian wilayah Jakarta langsung mengalami banjir. Tak sedikit pengendara mobil yang terjebak dalam kondisi tersebut.

Tapi, untuk melewati banjir, tidak bisa sembarang dilakukan. Pengendara mobil harus melakukan perhitungan dan melewatinya menggunakan teknik tertentu agar tetap aman dan tidak mengalami mogok.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, pengemudi harus paham bahwa mobil pada umumnya diciptakan memang tidak bisa berenang atau menerobos banjir.

"Jika dipaksakan bisa mengakibatkan mesin retak karena water hammer atau terseret arus," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Namun demikian, Sony menambahkan, tiap mobil memiliki batas toleransi, yakni tinggi genangan maksimal setengah ban. Jika lebih dari itu, maka risiko air masih ke dalam mesin atau kabin lebih tinggi.

"Untuk melewatinya, masukkan gigi paling rendah dan berjalan pelan. Tidak perlu main kopling untuk mobil manual. Agar tidak menciptakan gelombang ombak, baik ke lingkungan maupun ke atas kap mesin," kata Sony.

"Supaya mesin tidak mati, tahan putaran mesin di 1.000 RPM. Jika lebih dari itu, sudah bisa menciptakan gelombang," ujarnya.

Menurut Sony, kalau banjir disertai dengan arus, sebaiknya urungkan niat untuk melintas. Jika terjebak di tengah-tengah banjir dan semakin dalam, sebaiknya matikan mesin dan segera evakuasi diri dan penumpang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Terjebak Banjir, Begini Cara Aman Melewatinya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/03/23/082200315/mobil-terjebak-banjir-begini-cara-aman-melewatinya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm