Cara menjaga kesehatan ginjal.(Shutterstock/Marko Aliaksandr)
Cara menjaga kesehatan ginjal.(Shutterstock/Marko Aliaksandr) ( KOMPAS.COM)

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Berikut 7 Tips Sederhana yang Bisa Anda Lakukan

27 Maret 2024 15:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ginjal adalah sepasang organ yang berfungsi menyaring air ekstra dan limbah dari darah, kemudian menghasilkan urine untuk dibuang.

Karena perannya yang sangat vital, penting bagi seseorang untuk menjaga kesehatan ginjalnya agar terus berfungsi dengan baik.

Ketika organ ini tidak berfungsi normal atau kehilangan kemampuan untuk menyaring limbah dari darah, makan Anda akan mengalami penyakit ginjal.

Kondisi tersebut menyebabkan racun menumpuk di tubuh dan bisa mengancam jiwa jika tidak mendapat perawatan segera.

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal:

1. Rutin memeriksa kesehatan

Pemeriksaan kesehatan rutin tiap tahun membantu Anda mendeteksi potensi masalah kesehatan, termasuk masalah ginjal, menurut National Kidney Foundation AS.

Banyak penyakit, termasuk penyakit ginjal, tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Hal ini membuat pemeriksaan rutin untuk diagnosis tepat waktu.

Tidak semua pemeriksaan mencakup tes fungsi ginjal. Mintalah ahli kesehatan Anda untuk melakukan tes darah dan urin untuk menentukan kesehatan ginjal.

2. Perhatikan berat badan

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm