Servis motor di bengkel resmi, Honda ke AHASS(WMS)
Servis motor di bengkel resmi, Honda ke AHASS(WMS) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya

1 April 2024 21:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sepeda motor brebet menjadi masalah umum yang bisa saja terjadi. Hal itu lantaran tidak dirawat dengan baik.

Saat mesin motor brebet pengendara akan merasakan getaran yang tidak normal dan suara mesin tidak stabil, bahkan terkadang motor mati mendadak di perjalanan.

Perlu diketahui, penyebabnya beragam seperti ada masalah pada bensin, pengaturan mesin yang tidak tepat, hingga komponen mesin sudah rusak.

Andre, Pemilik Workshop Dhinata Jaya Garage Wonogiri, Jawa Tengah mengatakan, motor yang mogok karena bensin tercampur air dan kendaraan dipaksa dinyalakan, bisa mengakibatkan motor brebet.

“Bisa motor dinyalakan, tapi motor akan brebet nantinya bahkan tidak bisa nyala sama sekali,” kata Andre kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, Andre juga mengatakan, faktor dari adanya komponen yang sudah rusak dan pengaturan mesin tidak tepat bisa saja terjadi.

“Bisa karena businya setengah mati atau setelan karburator yang terlalu boros,” kata Andre.

Andre mengatakan, jika masalahnya karena busi maka harus diganti. Tapi, apabila brebet dari karburator ini masih bisa di setting atau atur ulang.

Untuk mengatasi masalah motor brebet perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin pada komponen-komponen mesin, sehingga kinerja mesin tetap optimal dan menghindari terjadinya masalah tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/04/01/141200815/kenali-penyebab-motor-brebet-dan-cara-mengatasinya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm