Kencing yang mengandung banyak protein adalah salah satu gejala ginjal bocor. (SHUTTERSTOCK)
Kencing yang mengandung banyak protein adalah salah satu gejala ginjal bocor. (SHUTTERSTOCK) ( KOMPAS.COM)

3 Untuk Cara Mudah agar Tidak Sering Kencing di Malam Hari

11 April 2024 20:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selain mimpi buruk atau alarm mobil yang menyala di malam hari, perasaan ingin buang air adalah salah satu hal yang membuat kita terbangun di tengah malam. Jika kondisi ini sering kamu alami, kamu bisa mengalami gangguan tidur yang berpotensi merugikan kesehatan.

Adapun istilah resmi untuk kebiasaan “kencing di tengah malam” adalah nokturia. Seperti yang dicatat oleh seorang ahli urologi di kolom Washington Post tahun 2019, nokturia sangat umum terjadi.

Satu dari tiga orang mengalaminya sepanjang hidup mereka. Meskipun wanita cenderung mulai mengalaminya setelah usia 30 tahun, setiap orang, apa pun jenis kelaminnya, juga rentan mengalaminya setelah usia 50 tahun.

Tentu saja, jika dilihat dari kondisi medis, nokturia bukanlah hal yang berbahaya, namun tetap tetap saja merupakan ketidaknyamanan yang menjengkelkan. Namun kabar baiknya, ada beberapa trik untuk tidur nyenyak tanpa terganggu keinginan buang air kecil. 

Berikut ini dokter membagikan tiga cara mudah untuk berhenti buang air kecil terlalu banyak di malam hari.

Mengapa kita buang air kecil di malam hari

Menurut Mayo Clinic, nokturia dapat dikaitkan dengan beberapa kondisi dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Dalam beberapa kasus, sering buang air kecil di malam hari bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih, striktur uretra, prostatitis, atau infeksi ginjal. 

Dalam kondisi yang lebih serius, nokturia dikaitkan dengan kanker kandung kemih. Namun, beberapa penyebab lainnya lebih tidak berbahaya, misalnya kamu sering minum alkohol dan kafein menjelang waktu tidur, atau sedang hamil.

Satu-satunya cara untuk memastikan akar penyebab nokturia adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Tapi, sementara itu, tiga tips berikut dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Tips menghindari sering kencing di malam hari

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm