Diabetes ialah sekelompok penyakit yang memengaruhi cara tubuh menggunakan glukosa atau gula darah. Penyebab diabetes secara spesifik tergantung jenisnya. (Shutterstock/Fadhli Adnan)
Diabetes ialah sekelompok penyakit yang memengaruhi cara tubuh menggunakan glukosa atau gula darah. Penyebab diabetes secara spesifik tergantung jenisnya. (Shutterstock/Fadhli Adnan) ( KOMPAS.COM)

Apakah Benar Penderita Diabetes Harus Minum Obat Seumur Hidup?

23 April 2024 19:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Penyakit diabetes terjadi saat tubuh tidak lagi mampu menarik gula atau glukosa ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi.

Ketidakmampuan ini pada akhirnya menyebabkan penumpukan gula pada aliran darah, mengharuskan penderita menjalani pengobatan untuk meminimalkan risiko komplikasi.

Tapi, gangguan kesehatan yang kerap disebut penyakit gula ini dianggap tidak akan bisa sembuh, sehingga penderita diabetes harus minum obat seumur hidup.

Anggapan tersebut juga berkembang di media sosial X (dulu Twitter) melalui akun @hakimsrg, yang mengaku harus minum dua jenis obat seumur hidup.

"Qadarullah, saya harus minum obat ini seumur hidup, supaya tetap sehat. Minta doanya, teman-teman," tulis pengunggah, Sabtu (20/4/2024).

Tampak dalam unggahan, obat dengan keterangan glimepirid dan provelyn pada masing-masing kemasannya.

Lantas, benarkah penderita diabetes harus mengonsumsi obat seumur hidup?

Penderita diabetes minum obat seumur hidup

Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Pembinaan Kesejahteraan Umat (RS PKU) Muhammadiyah Bantul, Yogyakarta, Sumardi, mengonfirmasi kalau penderita diabetes harus minum obat seumur hidup.

Pengobatan seumur hidup tersebut, menurutnya, baik dalam bentuk obat oral maupun suntik insulin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm