Ilustrasi gatal karena keringat.(Shutterstock/Pixel-Shot)
Ilustrasi gatal karena keringat.(Shutterstock/Pixel-Shot) ( KOMPAS.COM)

Badan Gampang Gatal dan Ruam padahal Sudah Mandi, Ini Untuk Penyebabnya

24 April 2024 20:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Lini masa media sosial ramai memperbincangkan badan gampang gatal dan muncul ruam yang terjadi akhir-akhir ini.

Topik tersebut bermula dari unggahan akun media sosial X @convomf, Minggu (21/4/2024) siang.

Tampak dalam unggahan, sebuah tangkapan layar yang mengaku badan gampang gatal dan ruam padahal sudah mandi dan tidak memiliki riwayat alergi.

"Sender juga ngerasa gatal-gatal, kalian ngerasain ga, itu kenapa ya?" tulis pengunggah.

Menanggapi hal itu, sejumlah warganet mengaku merasakan hal yang sama. Sebagian dari mereka pun berspekulasi kondisi tersebut disebabkan kualitas udara dan cuaca saat ini.

Lantas, apa penyebabnya?

Penyebab badan gampang gatal dan ruam

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Cabang Purwokerto, dr Ismiralda Oke Putranti menjelaskan, badan gampang gatal dan ruam padahal sudah mandi umumnya disebabkan kulit yang terlalu kering.

"Kulit yang kering mudah terjadi sensasi gatal," ujar dokter yang akrab disapa Oke ini, saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/4/2024).

Oke mengungkapkan, kondisi tersebut biasa terjadi pada orang-orang dengan kulit sensitif atau memiliki riwayat atopik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm