Ilustrasi wawancara kerja(pexels.com)
Ilustrasi wawancara kerja(pexels.com) ( KOMPAS.COM)

Cara Untuk Menjawab "Apakah Ada Pertanyaan?" Saat Wawancara Kerja

29 April 2024 18:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat mewawancara kerja atau interview, setiap pelamar kerja harus siap menjawab pertanyaan HRD atau user. Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan di akhir wawancara kerja adalah "Apakah ada pertanyaan?" atau "Apakah ada pertanyaan untuk kami?"

Pertanyaan ini harus dapat dijawab dengan baik. Pelamar disarankan tidak menjawab pertanyaan tersebut dengan "Tidak, penjelasan sudah cukup jelas."

Dilansir USA Today, Senin (29/4/2024), Neta Moye, Direktur Eksekutif Career Services University of Maryland’s Robert H. Smith School of Business mengatakan, mengajukan pertanyaan saat wawancara kerja dapat menandakan ketertarikan Anda terhadap perusahaan dan posisi yang dilamar.

Dia mengatakan, pertanyaan yang anda ajukan dapat menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset terlebih dahulu serta penasaran dan mempunyai keinginan mempelajari lebih lanjut posisi yang dilamar.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan di sesi wawancara kerja.

1. Tanyakan rencana perusahaan ke depan

Anda bisa mengajukan pertanyaan yang mudah dijawab oleh user atau HRD. Hal ini menunjukkan Anda tertarik dengan visi dan misi perusahaan.

2. Tanyakan capaian dan kesuksesan perusahaan

Saat wawancara kerja, Anda bisa menanyakan seputar kesuksesan perusahaan dan bagaimana upaya mereka meraihnya. Hal ini menandakan bahwa Anda sudah mengenali dan melakukan riset terkait perusahaan.

3. Tanyakan proses rekrutmen di perusahaan

Jangan lupa menanyakan berapa lama proses rekrutmen yang dilakukan HRD. Anda juga bisa menanyakan posisi yang dilamar dan budaya kerja di perusahaan tersebut.

4. Hindari pertanyaan soal gaji saat wawancara kerja

Hindari pertanyaan yang mementingkan diri sendiri seperti pertanyaan seputar gaji, hari libur, dan tunjangan lainnya. Pertanyaam tersebut bisa Anda simpan setelah mendapatkan tawaran pekerjaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Menjawab "Apakah Ada Pertanyaan?" Saat Wawancara Kerja", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/04/29/124934926/cara-menjawab-apakah-ada-pertanyaan-saat-wawancara-kerja?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm