Tubuh kita membutuhkan vitamin C setiap harinya. Jika kekurangan, dapat muncul akibat yang buruk bagi kesehatan, seperti kulit rusak dan mudah sakit.(SHUTTERSTOCK/Gargonia)
Tubuh kita membutuhkan vitamin C setiap harinya. Jika kekurangan, dapat muncul akibat yang buruk bagi kesehatan, seperti kulit rusak dan mudah sakit.(SHUTTERSTOCK/Gargonia) ( KOMPAS.COM)

Konsumsi Vitamin C Berlebihan Bisa Sebabkan Batu Ginjal, Ketahui Untuk Batas Amannya

5 Mei 2024 18:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mengonsumsi vitamin C secara berlebihan bisa menyebabkan seseorang menderita batu ginjal.

Batu ginjal atau nefrolitiasis ini terjadi ketika benda mirip batu terbentuk di dalam ginjal atau saluran kemih.

Sementara diketahui, vitamin C tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Sehingga, seseorang perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti sayur dan buah, serta suplemen.

Vitamin C tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, mencegah penuaan kulit, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Lantas, mengapa konsumsi vitamin C berlebihan bisa sebabkan batu ginjal? Dan berapa batas aman konsumsinya?

Vitamin C dan batu ginjal

Dikutip dari MedicalNewsToday, terdapat empat jenis batu ginjal yang bisa diderita oleh seseorang sesuai dengan penyebabnya, yakni kalsium oksalat, asam urat, sistin, dan struvit.

Batu ginjal kalsium oksalat adalah bentuk paling umum dari penyakit ini, dan bisa disebabkan oleh konsumsi vitamin C yang berlebihan.

Asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh akan diproses dengan diserap melalui ginjal dan disalurkan ke pembuluh darah.

Meski begitu, tidak semua vitamin C yang masuk ke tubuh akan diserap, sehingga sisanya akan dikeluarkan melalui urine.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm