Ilustrasi chip Apple M4.
Ilustrasi chip Apple M4. ( Apple)

Chip Apple M4 Meluncur, Genjot AI dengan Neural Engine Lebih Kencang

8 Mei 2024 10:09 WIB

SonoraBangka.ID - Apple resmi memperkenalkan System-on-Chip (SoC) terbaru bikinan sendiri, yaitu Apple M4. Pengenalan chip M4 dilakukan di ajang "Apple Event" yang digelar pada Selasa (7/5/2024) malam WIB.

Seperti namanya, chip ini merupakan suksesor dari Apple M3 yang diumumkan pada Oktober lalu. Jika Apple M3 banyak dipasang pada produk MacBook rilisan Maret kemarin, maka M4 kini dibuat untuk iPad Pro terbaru.

Chip yang dirancang menggunakan fabrikasi 3 nanometer (nm) ini memiliki sejumlah peningkatan, terutama di bidang kecerdasan buatan (AI), sebab memiliki komponen Neural Engine yang diklaim lebih mumpuni untuk menggenjot kinerja AI.

Jumlah Neural Engine di Apple M4 mencapai 16 inti (core), sama seperti generasi sebelumnya. Namun secara performa, Apple mengeklaim komponen tersebut kini dapat menjalankan 38 triliun operasi per detik (TOPS).

Di chip M3, jumlah pengoperasian per detik yang bisa dijalani mentok di angka 18 TOPS, sehingga ini merupakan peningkatan performa dua kali lipat.

Selain Neural Engine yang diperbarui, Apple M4 juga hadir dengan komponen lain lainnya yang sepenuhnya baru, yaitu Display Engine.

Komponen ini nantinya akan bertugas untuk menjalankan segala proses yang berkaitan dengan layar alias display, mulai dari mengatur keakuratan dan ketajaman warna, tingkat kecerahan dari panel Ultra Retina XDR, dan masih banyak lagi.

Masih di aspek performa, Apple M4 dibekali dengan prosesor (CPU) 10 inti (core), yang terdiri dari 4 inti performance cores dan 6 inti efficiency cores. Apabila dibandingkan dengan CPU Apple M2, performa CPU M4 diklaim 1,5 kali lebih cepat. 

Konfigurasi ini adalah untuk iPad Pro 2024 varian media penyimpanan 1 TB/2 TB.

Sementara untuk iPad Pro varian 256 GB/512 GB memiliki CPU 9 inti yang terdiri dari 3 performance cores dan 6 efficiency cores.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm