Ilustrasi nyeri dada. Nyeri dada adalah salah satu tanda-tanda peringatan sakit jantung yang harus diwaspadai. (Shutterstock/CGN089)
Ilustrasi nyeri dada. Nyeri dada adalah salah satu tanda-tanda peringatan sakit jantung yang harus diwaspadai. (Shutterstock/CGN089) ( KOMPAS.COM)

Pentingnya Melakukan Checkup untuk Deteksi Gagal Jantung

11 Mei 2024 16:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Gagal jantung merupakan penyakit serius yang dapat memburuk dan mengakibatkan komplikasi. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan atau checkup merupakan salah satu langkah penting mencegah gagal jantung.

Gagal jantung merupakan kondisi ketika otot jantung tidak mampu memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Padahal, darah membawa oksigen yang dibutuhkan organ-organ tubuh.

"Ketidakmampuan jantung dalam memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh sehingga mengakibatkan kegagalan dalam suplai darah, nutrisi, dan oksigen ke berbagai organ tubuh," kata Dr.dr.Antonia Anna Lukito Sp.JP(K), Kepala Heart Center dan Koordinator ICCU RS Siloam Lippo Village Tangerang.

Gagal jantung dapat berkaitan dengan kelainan pada otot jantung, baik berupa otot yang melemah atau kaku, atau pembebanan jantung yang berlebihan.

Dijelaskan oleh dr.Antonia, ada berbagai penyebab gagal jantung, namun penyebab tersering adalah penyakit jantung koroner dan hipertensi yang tidak dikontrol.

"Penyebab lainnya adalah penyakit jantung katup, kelainan jantung bawaan, kelainan otot jantung spesifik, diabetes, penyakit ginjal kronik, hingga kelainan otot jantung terkait kehamilan," terangnya.

Ia menekankan pentingnya melakukan checkup rutin, terutama pada orang yang memiliki faktor risiko gagal jantung, misalnya saja penderita hipertensi, diabetes, ada riwayat penyakit jantung, perokok, serta orang di atas usia 65 tahun.

"Seseorang yang menderita hipertensi memiliki kemungkinan masuk dalam indikasi gagal jantung," katanya.

Ada pun pemeriksaan untuk mendeteksi gagal jantung meliputi pemeriksaan fisik, rekam jantung, ekokardiografi, pemeriksaan laboratorium darah, hingga pemeriksaan pencitraan lanjut berupa MRI jantung dan CT Scan jantung.

Gejala dan pengobatan

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm