Manfaat singkong untuk kesehatan.(iStockphoto/Gonzalo Calle Asprilla)
Manfaat singkong untuk kesehatan.(iStockphoto/Gonzalo Calle Asprilla) ( KOMPAS.COM)

6 Manfaat Singkong untuk Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Tekanan Darah

22 Mei 2024 21:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Singkong adalah tanaman umbi yang menjadi sumber utama kalori dan karbohidrat dalam makanan bagi masyarakat di banyak negara.

Tanaman ini umum ditemukan di daerah tropis karena kemampuannya menahan kondisi pertumbuhan yang sulit, dan termasuk salah satu tanaman yang paling tahan kekeringan.

Bagian tanaman singkong yang paling sering dikonsumsi adalah daun dan akarnya (disebut singkong atau ubi), yang dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner.

Daunnya biasa diolah menjadi sayur, sedangkan singkong bisa dikonsumsi utuh, diparut, atau digiling menjadi tepung untuk digunakan menjadi roti dan kerupuk.

Singkong mempunyai sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh, berupa serat serta beberapa vitamin dan mineral, menurut laman Healthline.

Satu porsi singkong matang seberat 100 gram mengandung 191 kalori. Sekitar 84 persen di antaranya berasal dari karbohidrat, sedangkan sisanya berasal dari protein dan lemak.

Singkong juga kaya akan vitamin C, yang bertindak sebagai antioksidan, mendukung produksi kolagen, dan meningkatkan kekebalan tubuh, serta manfaat lainnya.

Ia juga mengandung tembaga, mineral yang diperlukan untuk sintesis neurotransmitter, produksi energi, metabolisme zat besi, dan banyak lagi.

Potensi manfaat singkong untuk kesehatan

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa potensi manfaat mengonsumsi singkong bagi kesehatan:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm