Ilustrasi senapan yang dipakai untuk berburu.(pixabay.com)
Ilustrasi senapan yang dipakai untuk berburu.(pixabay.com) ( KOMPAS.COM)

Studi Buktikan Manusia adalah Sebagai Predator Paling Menakutkan di Bumi

28 Mei 2024 17:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Australia tidak memiliki hewan karnivora besar yang menakutkan seperti singa dan serigala.

Minimnya pengalaman evolusi dengan predator mamalia besar membuat hewan-hewan asli benua itu, seperti seperti kanguru dan walabi kurang merasa takut terhadap hewan karnivora lain yang diperkenalkan.

Kendati demikian, ada yang menarik dari hewan-hewan berkantung itu.

Sebuah studi baru menunjukkan kanguru, walabi, dan hewan berkantung Australia lainnya ternyata justru lebih takut pada manusia dibandingkan dengan predator lainnya.

Hasil itu memperkuat temuan dari penelitian yang sama yang dilakukan sebelumnya di Amerika Utara, Eropa, Afrika, dan Asia.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa satwa liar di seluruh dunia lebih takut terhadap predator super yaitu manusia, dibandingkan singa, macan tutul, puma, beruang, serigala atau anjing.

Takut manusia

Mengutip Phys, Kamis (23/5/2024) dalam studi baru ini, peneliti dari Western University dan University of Tasmania melakukan penelitian di hutan eukaliptus di Tasmania.

Tim kemudian menggunakan sistem kamera-pengeras suara otomatis tersembunyi.

Ketika ada hewan yang lewat dalam jarak dekat (sekitar 10 meter) kamera akan merekam respon hewan terhadap suara yang dikeluarkan dari pengeras suara.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm