Ilustrasi bitcoin.
Ilustrasi bitcoin. ( UNSPLASH)

Thailand Jadi Negara Pertama di Asia Tenggara Setujui ETF Bitcoin

7 Juni 2024 16:36 WIB

SonoraBangka.ID - Thailand bakal menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memperdagangkan exchange traded funds (ETF) Bitcoin.

Hal itu ditandai dengan persetujuan yang diberikan Komisi Sekuritas dan Bursa Thailand (Thai SEC) kepada perusahaan One Asset Management untuk memperdagangkan ETF Bitcoin.

Persetujuan ETF Bitcoin pertama di Thailand dinilai mencerminkan tren global yang semakin menerima investasi dalam bentuk mata uang kripto.

CEO Indodax, Oscar Darmawan mengatakan, persetujuan ETF Bitcoin di Thailand adalah langkah signifikan bagi industri kripto di Asia Tenggara.

Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa regulator mulai memahami dan mendukung aset digital sebagai bagian integral dari ekosistem keuangan global.

"Bagi investor Indonesia, ini bisa menjadi contoh bagaimana kerangka regulasi dapat berkembang untuk mendukung inovasi di sektor keuangan," kata dia, dalam keterangannya, Jumat (7/6/2024).

Dengan disetujuinya ETF Bitcoin, Oscar melihat peluang kerja sama Thailand dengan negara kawasan dalam hal regulasi dan inovasi teknologi.

Ia menyebutkan, Thailand telah membuka jalan dengan menyetujui ETF Bitcoin, sehingga, negara-negara di Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia, diharapakan dapat melakukan langkah serupa.

"Kolaborasi regional bisa memperkuat posisi Asia Tenggara sebagai hub utama untuk teknologi blockchain dan aset digital," katanya.

Oscar juga mengajak para pemangku kepentingan Tanah Air untuk terus berdialog dan bekerja sama dalam mengembangkan ekosistem kripto yang lebih inklusif dan aman.

"Perlu menciptakan ekosistem yang mendukung inovasi sekaligus melindungi investor. Di Indonesia sendiri ada yang mirip dengan ETF, yaitu reksa dana," ucapnya.

Sebagai informasi, ETF Bitcoin dinilai serupa dengan reksadana, yakni sebuah instrumen investasi yang dananya ditempatkan di berbagai aset dengan underlying tertentu, di mana dalam hal ini underlying asset yang dipakai adalah Bitcoin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Thailand Jadi Negara Pertama di Asia Tenggara Setujui ETF Bitcoin", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/06/07/154527026/thailand-jadi-negara-pertama-di-asia-tenggara-setujui-etf-bitcoin?page=all#page2.


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm