Ini cara kopi dalam menurunkan berat badan.(SHUTTERSTOCK/Yulia Furman)
Ini cara kopi dalam menurunkan berat badan.(SHUTTERSTOCK/Yulia Furman) ( KOMPAS.COM)

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minum Kopi? Simak Untuk 4 Tips Berikut

9 Juni 2024 17:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Beberapa orang sering menambahkan kopi ke dalam menu diet harian mereka, lantaran dinilai mampu membantu menurunkan berat badan.

Meski bukan solusi cepat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi memang bisa menjadi tambahan yang sehat untuk diet dan mengelola berat badan seseorang.

Sementara itu, penelitian yang diterbitkan dalam Harvard's TH Chan School of Public Health mengungkapkan, empat cangkir kopi per hari dapat menurunkan lemak tubuh sekitar 4 persen.

Berikut tips minum kopi untuk menurunkan berat badan.

Tips kopi menurunkan berat badan

1. Minum kopi sebelum makan

Dikutip dari Insider, penelitian menunjukkan, minum kopi sebelum makan dapat mengurangi kalori yang Anda makan pada waktu makan berikutnya.

Manfaat tersebut bahkan masih bisa didapatkan meskipun kopi diminum hingga empat jam sebelum makan.

Selain itu, kopi juga mengandung asam klorogenat yang terbukti meningkatkan pembakaran lemak dan membantu memperlambat penyerapan karbohidrat.

2. Kopi dikonsumsi tanpa pemanis dan bahan lain

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm