Ilustrasi pasta gigi. Takaran pasta gigi yang tepat.(SHUTTERSTOCK/MEGAFLOPP)
Ilustrasi pasta gigi. Takaran pasta gigi yang tepat.(SHUTTERSTOCK/MEGAFLOPP) ( KOMPAS.COM)

Bukan Dituang Sepanjang Bulu Sikat, Ini Takaran Pasta Gigi untuk Cegah Gigi Berlubang

11 Juni 2024 20:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menggosok gigi menggunakan pasta gigi secara rutin dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Dengan menyikat gigi secara teratur setiap hari, gigi dan mulut menjadi lebih bersih, sehingga terhindar dari masalah termasuk karang gigi.

Kendati demikian, tidak semua orang memahami takaran pasta gigi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi.

Sebagian besar orang dewasa lebih sering menuangkan pasta gigi hingga memenuhi bulu sikat.

Selain memberikan aroma napas segar, pasta gigi berbagai merek biasanya menawarkan fungsi seperti mencegah gigi berlubang atau memutihkan gigi kuning.

Lantas, berapa takaran pasta gigi yang diperlukan saat menyikat?

Takaran pasta gigi yang tepat

Dokter gigi sekaligus Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Paulus Januar mengatakan, takaran pasta gigi yang dianjurkan adalah sebesar biji kacang polong (pea sized) atau sekitar 0,25 gram.

Anjuran penggunaan pasta gigi ini awalnya dikemukakan berdasarkan penelitian Persatuan Dokter Gigi Amerika Serikat (ADA).

"Selanjutnya, kemudian hal ini merupakan anjuran yang dianut secara umum," kata Paulus, sata dihubungi Kompas.com, Senin (10/6/2024).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm