Ilustrasi emas batangan, logam mulia. Penyebab harga emas naik turun. Naik turunnya harga emas. Penyebab naik turun harga emas.(SHUTTERSTOCK/VLADKK)
Ilustrasi emas batangan, logam mulia. Penyebab harga emas naik turun. Naik turunnya harga emas. Penyebab naik turun harga emas.(SHUTTERSTOCK/VLADKK) ( KOMPAS.COM)

Singapura Siap Untuk Jadi Pusat Perdagangan Emas Global

12 Juni 2024 20:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Singapura semakin dekat untuk menjadi pusat emas global terkemuka, seiring dengan pergeseran perdagangan emas yang semakin mengarah ke timur.

Hal ini diungkapkan oleh Shaokai Fan, Head of Asia-Pacific and Global Head of Central Banks di Dewan Emas Dunia atau World Gold Council.

Dikutip dari CNBC, Rabu (12/6/2024), Fan menyoroti bahwa pergeseran ini sebagian besar didorong oleh peningkatan konsumsi emas di ekonomi pasar berkembang utama, yang mayoritasnya berada di Asia.

"Pusat gravitasi pasar emas telah bergeser ke timur, dengan Singapura ditempatkan secara menguntungkan sebagai titik tumpu potensial dari keseimbangan baru ini," kata Fan.

Kedekatan Singapura dengan sekitar 25 persen pusat suplai tambang emas dunia seperti China, Australia, Indonesia, Filipina, Papua Nugini, dan Laos, semakin memperkuat posisinya sebagai pusat perdagangan emas yang strategis.

"Kedekatan Singapura dengan bank-bank sentral yang aktif membeli emas adalah faktor kunci lainnya," tambah Fan.

Selain keuntungan geografis, kebijakan pemerintah Singapura juga memainkan peran penting.

Sejak Oktober 2012, pemerintah Singapura telah membebaskan Pajak Barang dan Jasa (GST) dari logam mulia kelas investasi.

Langkah ini, bersama dengan pendirian kilang pengiriman barang di Singapura, telah memperkuat posisi negara ini sebagai hub perdagangan emas utama.

Dalam konteks geopolitik yang semakin tidak stabil, kebutuhan untuk mencari pusat cadangan emas resmi menjadi semakin mendesak bagi bank sentral di seluruh dunia.

Fan menambahkan, Singapura dapat menjadi alternatif yang benar-benar layak untuk London dan New York sebagai pusat penyimpanan emas bank sentral.

"Singapura siap untuk memimpin pasar emas di masa depan," kata Fan.

Stabilitas politik dan kebijakan pro-investasi di Singapura menjadikan negara ini sebagai pilihan yang menarik bagi bank sentral dan investor global yang mencari tempat yang aman untuk menyimpan dan memperdagangkan emas.

Dengan semua faktor ini, Singapura bukan cuma siap untuk mengambil alih peran sebagai pusat emas global, tetapi juga untuk menjadi penggerak utama dalam lanskap perdagangan emas internasional di masa depan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Singapura Siap Jadi Pusat Perdagangan Emas Global", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/06/12/145143426/singapura-siap-jadi-pusat-perdagangan-emas-global?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm