Ilustrasi seorang laki-laki yang sedang bersabar(Freepik.com)
Ilustrasi seorang laki-laki yang sedang bersabar(Freepik.com) ( KOMPAS.COM)

Cara Untuk Menjadi Sabar dengan 6 Strategi Ini

15 Juni 2024 16:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menjadi pribadi yang sabar bukanlah hal mudah.

Dalam dunia yang serba cepat ini, sering kali kita dihadapkan pada berbagai situasi yang menguji kesabaran kita. Tapi, kesabaran adalah keterampilan yang dapat dipelajari dan diasah.

“Beberapa orang secara alami mampu bersabar lebih baik dibandingkan orang lain,” kata psikolog klinis Ramone Ford, PhD. “Tapi kesabaran itu seperti menari. Semua orang bisa berkembang dengan latihan.”

Berikut adalah enam strategi yang bisa Anda terapkan untuk membantu tetap tenang dan sabar dalam berbagai situasi.

Tips melatih kesabaran

1. Praktikkan mindfulness

Mindfulness, atau kesadaran penuh, adalah kunci untuk mengendalikan respons emosi kita. Luangkan waktu setiap hari untuk berlatih meditasi atau latihan pernapasan sederhana.

Dengan berfokus pada napas dan menyadari pikiran serta perasaan tanpa menghakimi, Anda dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesabaran. Mindfulness membantu kita hidup di saat ini, sehingga kita tidak terburu-buru dalam menghadapi situasi yang sulit.

2. Ketahui apa yang bisa Anda kendalikan

Tidak semua hal berada dalam kendali kita. Menyadari hal ini adalah langkah penting menuju kesabaran.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm