Gejala enyakit Difteri.(Shutterstock/Fahnur Jingga)
Gejala enyakit Difteri.(Shutterstock/Fahnur Jingga) ( KOMPAS.COM)

Waspada Penyakit Difteri, Berikut Untuk 10 Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

17 Juni 2024 20:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Difteri merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri penghasil racun, Corynebacterium diphtheriae (C. diphtheriae).

Infeksi menularnya menyerang hidung dan tenggorokan, juga terkadang kulit. Ia dapat menyebar dari orang ke orang, terutama ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), difteri dapat menyerang siapa saja, tapi paling sering terjadi pada anak-anak yang tidak menerima vaksinasi.

Racun difteri menyebabkan kerusakan pada saluran pernapasan dan dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Racun yang dihasilkan C. diphtheriae menyebabkan orang menjadi sakit parah. Gejala sering muncul pada kulit atau sistem pernapasan.

Kalau memasuki aliran darah, ia dapat menyebabkan kelumpuhan, gagal jantung, kesulitan bernapas, bahkan kematian.

Seseorang dapat tertular difteri melalui kontak fisik langsung dengan tetesan pernapasan dari batuk atau bersin dari penderita.

Penyebaran juga bisa melalui sekret dari hidung dan tenggorokan, seperti lendir dan air liur, atau lesi kulit yang terinfeksi.

Gejala penyakit difteri

Beberapa bakteri C. diphtheriae menghasilkan racun yang membunuh jaringan sehat di sistem pernapasan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm