Honda BR-V Prestige CVT(KOMPAS.com/STANLY RAVEL)
Honda BR-V Prestige CVT(KOMPAS.com/STANLY RAVEL) ( KOMPAS.COM)

Cara Mengemudi yang Bisa Bikin Cepat Rusak pada CVT Mobil

29 Juni 2024 17:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil transmisi matik saat ini sudah banyak yang mengaplikasikan sistem Continuously Variable Transmission (CVT), di mana saat rasio percepatan berpindah tidak akan merasakan hentakan.

Dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang mulus dan efisien, membuat penggunaannya juga harus lebih halus atau berhati-hati.

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan pengemudi mobil matik CVT, adalah menginjak pedal gas terlalu kasar.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan, menginjak pedal gas mobil matik CVT harus pelan.

“Cara mengemudikan mobil CVT yang benar dengan menginjak pedal gas secara bertahap. Perubahan tingkat kecepatan mobil bisa terjadi karena adanya perubahan diameter antara drive pulley dan driven pulley yang dihubungkan melalui steel belt,” kata Iwan kepada Kompas.com, Jumat (29/6/2024).

Sehingga, kalau pengemudi menginjak pedal gas dengan kasar bisa membuat keausan pada komponen CVT.

“Ketika pedal gas diinjak kasar maka putaran drive pulley akan berputar cepat secara mendadak, dan akibatnya gesekan yang ditimbulkan antara pulley dengan steel belt lebih tinggi dan cepat mengalami keausan,” kata Iwan

Iwan mengatakan, jika kebiasaan injak pedal gas kasar, siap-siap saja umur pakai matik CVT akan lebih pendek.

“Beberapa mobil terutama CVT Honda sering mengalami steel beltnya putus akibat salah pemakaian,” kata Iwan.

Maka dari itu, kesadaran akan cara mengemudikan mobil CVT dengan benar sangat penting untuk menjaga kinerja dan umur pakai transmisi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mengemudi yang Bisa Bikin Cepat Rusak CVT Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/29/064200115/cara-mengemudi-yang-bisa-bikin-cepat-rusak-cvt-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm