Mitsubishi New Xpander Sport CVT(KOMPAS.com/Adityo Wisnu)
Mitsubishi New Xpander Sport CVT(KOMPAS.com/Adityo Wisnu) ( KOMPAS.COM)

Cara Merawat Mobil Matik CVT supaya Lebih Awet

29 Juni 2024 20:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil matik dengan transmisi CVT dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih mulus, sehingga membutuhkan pemeliharaan khusus dalam perawatan.

Merawat mobil dengan transmisi CVT merupakan kunci untuk memastikan keandalan dan umur pakai kendaraan yang lebih optimal dan awet

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan, ada beberapa tips supaya CVT lebih awet.

“Pertama ganti olinya dipercepat dari buku petunjuk perawatan mobil, paling aman ganti tiap 20.000 kilometer, dan filternya ganti tiap 40.000 kilometer,” kata Iwan kepada Kompas.com, Jumat (29/6/2024).

Dengan mengganti oli secara rutin, diharapkan kualitas oli terjaga sehingga sistem transmisi bisa berfungsi dengan baik.

“Kedua, jangan bawa muatan berlebih, dan jangan sering menanjak,” kata Iwan.

Hal yang sama juga dikatakan Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun, mengatakan, melewati tanjakan ekstrem bisa merusakkan komponen di dalam transmisi CVT.

“Ketika mobil CTV dipaksa melibas tanjakan ekstrem, maka putaran mesin akan cenderung selalu tinggi agar torsinya dapat, bahkan tidak jarang pengendara memindahkan ke L ketika mobil dirasa mulai tidak kuat, itu sangat berbahaya,” kata Hardi.

Hardi menjelaskan, posisi L dengan putaran mesin tinggi dapat membuat komponen di dalam CVT seperti kampas kopling, puli dan sabuk baja cenderung mengalami slip dan bisa membuatnya rontok.

“Tidak sedikit komponen CVT rontok karena pengendara salah dalam mengoperasikannya,” kata Hardi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Merawat Mobil Matik CVT agar Lebih Awet", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/29/102200015/cara-merawat-mobil-matik-cvt-agar-lebih-awet.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm