Ketahui tanda tantrum yang tidak normal pada anak(Shutterstock/PR Image Factory)
Ketahui tanda tantrum yang tidak normal pada anak(Shutterstock/PR Image Factory) ( KOMPAS.COM)

7 Untuk Hal yang Kemungkinan Dimiliki Anak Tengah

10 Juli 2024 16:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dalam hal urutan kelahiran, anak tengah biasanya dianggap paling bandel dan susah diberi tahu. Bila anak sulung berperan sebagai pemimpin dan anak bungsu menjadi anak yang paling dimanja, maka anak tengah cenderung kurang mendapat perhatian. 

Tapi, ada banyak keuntungan yang didapat jika kamu menjadi anak tengah. Apa saja yang biasanya dimiliki oleh anak tengah?

1. Lebih stabil secara emosional.

Menjadi anak tengah memiliki banyak keterampilan seperti kesabaran, negosiasi, dan mediasi. Tapi tahukah kamu bahwa urutan kelahiran juga berperan dalam kesehatan mental?

Menurut sebuah penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychiatry, menjadi anak tengah membuat kamu kecil kemungkinannya terkena gangguan emosi dan ADHD.

2. Memiliki kesetiaan tinggi

Jika kamu berkencan atau menikah dengan anak tengah, hubunganmu seharusnya cukup aman.

Dalam studinya pada tahun 2003 tentang urutan kelahiran dan hubungan, peneliti Catherine Salmon menemukan bahwa 80 persen anak-anak yang lahir sebagai anak tengah menyatakan bahwa mereka tidak pernah selingkuh, dibandingkan dengan hanya 65 persen anak sulung dan 53 persen anak bungsu.

3. Berjiwa pemimpin, bukan pengikut.

Anak tengah lebih suka menjadi unik dan berbeda daripada mencoba dan bertindak seperti kakaknya. Mengapa? Menurut Kevin Leman, penulis The Birth Order Book, hal ini sejalan dengan kebutuhan anak tengah untuk menemukan cara agar menonjol dan diakui.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm