Kacang almond adalah salah satu kacang yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit jantung.
Kacang almond adalah salah satu kacang yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit jantung. ( UNSPLASH/AVINASH KUMAR)

Konsumsi Sebelum Tidur, Berikut 7 Makanan bisa Atasi Insomnia

11 Juli 2024 10:07 WIB

SonoraBangka.id Sering mengalami insomnia, resah gelisah di malam hari, dan sulit tidur, cobalah konsumsi 7 makanan penyelamat tidur ini sebelum tidur. Kandungan alami dalam makanan ini membantu tubuh menjadi rileks, meningkatkan kualitas tidur, dan membuatmu bangun dengan perasaan segar di pagi hari. Dilansir dari laman Healthline dan Medical News Today, simak penjelasan berikut ini.  

1. Almond

Almond kaya akan berbagai nutrisi. Konsumsi rutin dapat membantu mengurangi risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, berkat lemak tak jenuh tunggal, serat, dan antioksidannya. Almond juga mengandung vitamin B dan magnesium yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, almond mengandung melatonin yang membantu mengatur jam biologis tubuh.

2. Daging Kalkun

Daging kalkun kaya akan protein yang penting untuk menjaga otot tetap kuat dan mengatur nafsu makan. Sarapan Lebih Awal Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2 Artikel Kompas.id Daging kalkun juga mengandung riboflavin, fosfor, selenium, dan asam amino triptofan yang meningkatkan produksi melatonin dan dapat menyebabkan rasa kantuk. Protein dalam daging kalkun juga dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat ini.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah teh herbal yang terkenal dengan manfaat kesehatannya, termasuk flavones yang merupakan antioksidan yang mengurangi peradangan. Teh chamomile juga mengandung apigenin, antioksidan yang dapat mengikat reseptor di otak dan mendorong rasa kantuk serta mengurangi insomnia. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kapsul chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur.

4. Kiwi

Kiwi adalah buah rendah kalori dan kaya nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan menurunkan kolesterol. Kiwi juga dapat membantu tidur lebih baik karena mengandung serotonin yang membantu mengatur siklus tidur. Antioksidan dalam kiwi, seperti vitamin C, juga berperan dalam efek mempromosikan tidur, meskipun diperlukan lebih banyak bukti ilmiah untuk mengonfirmasi manfaat ini.

5. Jus Ceri Asam

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm